Penulis Utama : Deas Markustianto
NIM / NIP : E0014086
×

ABSTRAK

Deas Markustianto. 2018. E0014086. PERBARENGAN TINDAK PIDANA YANG TIMBUL DARI PENGHINAAN ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Putusan Nomor : 10/PID.SUS/2013/PN.Pt). Penelitian Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dasar pertimbangan Hakim dalam memutuskan Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) tentang ujaran kebencian terhadap agama Islam dalam perbarengan tindak pidana yang dilakukan oleh Terdakwa pada perkara Nomor : 10/Pid.Sus/2013/PN.PT. Di dalam perkara ini, Hakim memutus Terdakwa dengan Pasal 28 Ayat (2) UU ITE sesuai dengan dakwaan primair Penuntut Umum yaitu atas ujaran kebencian terhadap masyarakat islam di Kabupaten Pati. Namun dalam putusan tersebut Hakim dianggap tidak tepat menerapkan hukumnya, karena tidak memperhatikan motif Terdakwa dan keadilan bagi Korban. Penelitian ini juga merupakan penelitian normatif atau doktrinal dengan sifat preskriptif dan terapan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan penulis adalah dengan studi dokumen atau studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan hukum baik primer maupun sekunder, kemudian dibaca, dipelajari dan dianalisis untuk menjawab permasalahan hukum sebagai pendukung dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah analisis terhadap Putusan Hakim yang tidak sesuai dengan kronologis perbuatan Terdakwa dan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan. Selanjutnya dalam penelitian ini, juga menguraikan dan membuktikan bahwa ada peraturan lain yang lebih tepat dan sesuai untuk dijatuhkan kepada Terdakwa, yaitu menggunakan ketentuan perbarengan tindak pidana (Concursus).


Kata Kunci : Akun Palsu, UU ITE, Concursus

×
Penulis Utama : Deas Markustianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014086
Tahun : 2018
Judul : Perbarengan Tindak Pidana yang Timbul dari Penghinaan atau Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial (Studi Putusan Nomor 10/pid.sus/2013/pn.pt)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum- E0014086-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Setiyanto, S.H,.M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.