Penulis Utama : Dheana Kartika
NIM / NIP : E0014098
×

ABSTRAK

Dheana Kartika, 2018. E00014098. TANGGUNG JAWAB BANK DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA SAFE DEPOSIT BOX YANG DIDUGA DIDALAMNYA TERKANDUNG KLAUSULA EKSONERASI (STUDI DI PT. BANK PANIN SURAKARTA). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana   tanggung jawab pihak bank terhadap kerugian yang dialami nasabah jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang yang disimpan dalam Safe Deposit Box. Kedua, apakah klausula eksonerasi (jika ada) di dalam perjanjian sewa menyewa Safe Deposit Box PT. Bank Panin Surakarta sudah sesuai dengan asas itikad baik sebagai landasan pembuatan perjanjian.                                                                              
Penelitian ini adalah penulisan hukum bersifat deskriptif. Jenis penelitian hukum empiris dengan data meliputi data sekunder dan primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan cara wawancara dan studi kepustakaan, instrumen penelitian berupa hasil wawancara dan peraturan perundan-undangan, dokumen-dokumen resmi maupun literature-literatur yang erat kaitannya dengan permasalahan yang dibahas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank Panin tidak bertanggung jawab atas kerugian berupa kehilangan atau kerusakan barang yang dialami nasabah. Bank Panin juga telah melaksanakan asas itikad baik dalam membuat perjanjian sewa menyewa Safe Deposit Box. Tidak hanya itu saja, dalam kesehariannya Bank Panin juga telah melaksanakan asas itikad baik dalam melakukan prinsip kehati-hatian dalam segala kegiatan yang menyangkut tentang keaman nasabah. Klausula eksonerasi juga tidak ditemukan dalam perjanjian sewa menyewa Safe Deposit Box, karena semua nasabah dikonfirmasi terlebih dahulu mengenai aturan tambahan sehingga tidak ada paksaan untuk tetap melanjutkan perjanjian tersebut.
Kata Kunci: Tanggung Jawab, Perjanjian Sewa Menyewa, Safe Deposit Box, 

×
Penulis Utama : Dheana Kartika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014098
Tahun : 2018
Judul : Tanggung Jawab Pihak Bank dalam Perjanjian Sewa Menyewa Safe Deposit Box yang diduga didalamnya Terkandung Klausula Eksonerasi (Studi di PT. Bank Panin Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0014098-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pranoto, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.