Penulis Utama : Ernita Desy Darma Sila
NIM / NIP : E0014132
×

ABSTRAK

 

Ernita Desy Darma Sila. 2018. E0014132. FUNGSI SATUAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN (SATWASKER) WILAYAH SURAKARTA UNTUK MEWUJUDKAN PEMENUHAN HAK ATAS JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN  DI KABUPATEN SUKOHARJO. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi Satuan Pengawasan Ketenagakerjaan (Satwasker) Wilayah Surakarta di Kabupaten Sukoharjo untuk mewujdukan pemenuhan hak atas jaminan sosial tenaga kerja sudah efektif atau belum dan kendala yang dihadapi Satuan Pengawasan Ketenagakerjaan (Satwasker) Wilayah Surakarta dalam melaksanakan fungsi pengawasan.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach) dengan menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Dalam pengumpulan bahan hukum, penulis menggunakan studi kepustakaan (library reaserch) serta melakukan klarifikasi. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder, dengan teknis analisis bahan hukum yang bersifat deduksi dengan metode silogisme.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi Satuan Pengawasan Ketenagakerjaan (Satwasker) Wilayah Surakarta untuk mewujudkan pemenuhan hak atas jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Sukoharjo belum dapat dikatakan efektif, karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakefektifan pelaksanaan pengawasan tersebut dikarenakan  adanya kendala dalam melaksanakan fungsi pengawasan.

Kata Kunci: Satuan Pengawasan Ketenagakerjaan, Jaminan sosial tenaga 

×
Penulis Utama : Ernita Desy Darma Sila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014132
Tahun : 2018
Judul : Fungsi Satuan Pengawasan Ketenagakerjaan (Satwasker) Wilayah Surakarta untuk Mewujudkan Pemenuhan Hak atas Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0014132-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwono Sungkowo Raharjo S.H.,M.H
2. Wida Astuti S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.