Penulis Utama : Fitria Dewi Renggansih
NIM / NIP : E0014167
×

ABSTRAK
Fitria Dewi Renggansih. E0014167. 2018. PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENILAI KRITERIA GUGATAN CLASS ACTION. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pertimbangan Hakim dalam menilai kriteria gugatan Class Action pada Putusan Nomor 48/Pdt.G/2014/PN.Skh dan Putusan Nomor 318/PDT.G.CLASS ACTION/2011/PN.Jkt.Pst serta mengetahui akibat hukum apabila gugatan tidak memenuhi kriteria untuk diperiksa sebagai gugatan Class Action.
    Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kasus. Penelitian ini menggunakan jenis dan sumber bahan hukum yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan cara studi dokumen. Selanjutnya, teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode analisis silogisme deduksi.
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa gugatan yang diajukan dalam kedua Putusan tersebut telah memenuhi kriteria gugatan Class Action, tetapi terdapat perbedaan pemenuhan kriteria class action dalam kedua putusan tersebut, di antaranya dalam kriteria numeriousity, commonality and typicality, dan adequacy of representation. Akibat hukum apabila gugatan tidak memenuhi kriteria untuk diperiksa sebagai gugatan Class Action yaitu gugatan dinyatakan tidak sah, pemeriksaan perkara dihentikan, gugatan dinyatakan tidak dapat diterima, dan pihak yang kalah dihukum untuk membayar biaya perkara yang timbul.

Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Gugatan Perwakilan Kelompok, Kriteria Gugatan Class Action

 

×
Penulis Utama : Fitria Dewi Renggansih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014167
Tahun : 2018
Judul : Pertimbangan Hakim dalam Menilai Kriteria Gugatan Class Action
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum-Prog. Ilmu Hukum- E0014167-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.