Penulis Utama : Anugerah Ayu Sendari
NIM / NIP : D1615008
×

Abstrak

Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan wadah mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan kedalam dunia kerja yang sesungguhnya. Penulis memilih PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai tempat pelaksanaan KKM. PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) merupakan BUMN yang bergerak pada sektor jasa klasifikasi dan sertifikasi kapal di  Indonesia.  Hal  ini  yang  membuat  penulis  tertarik  mempelajari  bagaimana sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa membangun komunikasi agar tetap terpercaya dimata stakeholder.

Publik internal merupakan salah satu publik sasaran public relations dalam menjalankan aktivitasnya. Komunikasi internal perlu dibangun dalam sebuah perusahaan agar tercipta suasana kerja yang harmonis. Dalam membangun hubungan  internal,  public  relations  memerlukan  alat  atau  tools.  Alat  tersebut dapat berupa publikasi karyawan seperti majalah internal atau pengumuman. sebagai BUMN yang bergerak pada sektor jasa klasifikasi kapal di Indonesia, karyawan  merupakan  elemen  terpenting  bagi  PT.  Biro  Klasifikasi  Indonesia. Maka dari itu diperlukan hubungan internal yang baik didalamnya.

Penulis   ditempatkan   pada   sub   divisi   Komunikasi   Korporasi   yang didalamnya terdapat kegiatan public relations sesuai dengan konsentrasi penulis. Dalam pelaksanaan KKM penulis dilibatkan dalam proses penyusunan majalah internal yang dinamakan KLIK BKI mulai dari penentuan tema, pencarian berita, penulisan, hingga penyusunan desain tata letak. Selain itu penulis juga diajak untuk mengetahui kegiatan public relations lainnya di BKI antara lain  kegiatan dokumentasi, pembuatan press release untuk media, perencanaan annual report, mempersiapkan acara, dam pembuatan konten media sosial KKM dilaksanakan selama dua bulan terhitung sejak tanggal 19 Februari 2018 hingga 19 April 2018.

Dalam pelaksanaan KKM ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa komunikasi internal merupakan komunikasi yang dibangun antara publik internal dalam  sebuah  perusahaan.  Bagi  perusahaan  yang  bergerak  dalam  sektor  jasa seperti BKI, sumber daya manusia merupakan hal vital yang perlu diperhatikan perusahaan. Maka dari itu komunikasi internal penting untuk dibangun agar karyawan dapat bekerja secara produktif dan efektif melalui jasa yang diberikan

Kata Kunci : Internal Relations, PR Tools, Majalah Internal

×
Penulis Utama : Anugerah Ayu Sendari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615008
Tahun : 2018
Judul : Peran Public Relations dalam Membangun Komunikasi Internal Perusahaan Melalui Majalah Klik Bki di Pt. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Masyarakat-D1615008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ina Primasari, S.I.Kom, M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.