Penulis Utama : Gesit Wijayanti
NIM / NIP : R0214039
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Shift kerja berperan penting terhadap permasalahan pada manusia yang dapat meluas menjadi gangguan tidur, gangguan fisik, psikologi, gangguan sosial keluarga dan kelelahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kelelahan kerja pada perawat wanita berdasarakan shift di unit rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.
Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah perawat wanita di unit rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta bejumlah 57 orang dan mengunakan purposive sampling. Pengukuran kelelahan kerja menggunakan alat ukur kelelahan yaitu reaction timer untuk kelelahan akibat kerja dan form karakteristik responden untuk mengetahui shift kerja, analisis data menggunakan uji statistik oneway anova.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kelelahan kerja pada perawat wanita berdasarkan shift di unit rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dimana p (value) uji statistik oneway anova menunjukkan p=0.031 yang berarti terdapat perbedaan kelelahan akibat kerja. Kelompok shift kerja yang yang berbeda maka dilakukan uji lanjut (post hoc) dengan menggunakan uji Games Howell. Hasil uji Games Howell menunjukkan nilai p=0.102 antara shift pagi dengan shift siang yang berarti tidak ada perbedaan kelelahan akibat kerja antara shift pagi dengan shift siang. Shift pagi dengan shift malam dan shift siang dengan shift malam menunjukkan nilai p=0.036 yang berarti bahwa terdapat perbedaan kelelahan akibat kerja antara shift siang dan shift malam.
Simpulan : Terdapat perbedaan tingkat kelelahan akibat kerja pada perawat wanita berdasarkan shift di unit rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta serta tingkat kelelahan akibat kerja tertinggi terjadi pada shift pagi.

Kata Kunci : Perawat Wanita, Shift Kerja, Kelelahan Akibat Kerja 1 Mahasiswa, Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2 Pembimbing 1 dan pembimbing 2, Program Studi D3 Hiperkes Fakultas Kedoteran Universitas Sebelas Maret.

×
Penulis Utama : Gesit Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214039
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Tingkat Kelelahan Kerja pada Perawat Wanita Berdasarkan Shift di Unit Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, S.K.M., M. Kes.
2. Seviana Rinawati, S.K.M., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.