Penulis Utama : Jihan Nur Syahida
NIM / NIP : R0214051
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Kasus kecelakaan akibat kehilangan konsentrasi dapat terjadi pada suatu industri, salah satunya disebabkan oleh intensitas kebisingan yang melebihi nilai ambang batas. PT DMDT VII merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tekstil dengan proses produksi utamanya menggunakan mesin. Meskipun demikian, pengoperasian dan pengawasan mesin tetap dilakukan oleh pekerja. Seluruh proses produksi yang dilakukan membutuhkan konsentrasi tertentu. Penelitian akan dilakukan pada area kerja bagian tenun karena pekerja operator mesin tenun terpapar langsung kebisingan terus menerus yang ditimbulkan oleh mesin tenun tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas kebisingan dengan tingkat konsentrasi kerja.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian produksi yang berjumlah 400 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan 91 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sound level meter untuk mengukur intensitas kebisingan dan grid concentration exercise untuk uji konsentrasi kerja. Analisis bivariat menggunakan uji spearman rank.
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan intensitas kebisingan dengan konsentrasi kerja (p-value = 0,000) dengan arah korelasi negatif (r= - 0,776) yang artinya semakin tinggi intensitas kebisingan maka semakin menurun konsentrasi kerja.
Simpulan : Ada hubungan yang signifikan antara intensitas kebisingan dengan tingkat konsentrasi kerja.

Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Konsentrasi Kerja

×
Penulis Utama : Jihan Nur Syahida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214051
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Intensitas Kebisingan dengan Tingkat Konsentrasi Kerja pada Pekerja Bagian Produksi PT DMDT VII Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214051-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita Widjanarti, S.KM., M.Sc.
2. Tutug Bole Atmojo, S.KM., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.