Penulis Utama : Anindya Ratna Hapsari
NIM / NIP : R0214011
×

Abstrak

Latar Belakang:  Kelelahan  kerja adalah suatu  keadaan  yang disertai  dengan penurunan efisiensi dan ketahanan dalam bekerja dan dapat menyebabkan penurunan kinerja serta menambah tingkat kesalahan kerja. Jika pekerja mulai merasa lelah dan tetap dipaksa untuk terus bekerja, kelelahan akan semakin bertambah dan kondisi lelah demikian sangat mengganggu kelancaran pekerjaan dan berefek buruk pada pekerja yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gerakan berulang dan postur kerja membungkuk terhadap kelelahan kerja pada pekerja bagian menempa di industri gamelan Bekonang Sukoharjo.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode analitik observasional dan dengan cara pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sejumlah 50 responden yang seluruhnya adalah pekerja bagian menempa di 3 UD Gamelan Bekonang Sukoharjo. Pengukuran gerakan berulang dilakukan dengan menghitung jumlah gerakan berulang per menit dengan menggunakan stopwatch, sedangkan postur kerja membungkuk dianalisis dengan lembar penilaian Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dengan program SPSS Versi 25.

Hasil: Hasil uji regresi linier berganda menunjukan p value sebesar 0,000 < 0>

Simpulan: Gerakan berulang dan postur kerja membungkuk berpengaruh terhadap terjadinya kelelahan kerja pada pekerja bagian menempa di industri gamelan Bekonang Sukoharjo.

Kata Kunci : gerakan berulang, postur kerja membungkuk, kelelahan kerja

×
Penulis Utama : Anindya Ratna Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214011
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Gerakan Berulang dan Postur Kerja Membungkuk terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Bagian Menempa di Industri Gamelan Bekonang Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Rachmawati, S.ST., M.Si.
2. Yulia Sari, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.