Penulis Utama : Wahyuning Utami Putri
NIM / NIP : E0014416
×

ABSTRAK

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan HAM bagi pekerja disabilitas yang dilakukan pada PT Pertamina Refinery Unit V Balikpapan dan apa saja kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam memberikan perlindungan kepada pekerja disabilitas. Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum empiris atau non-doctrinal research untuk mengetahui keadaan nyata yang terjadi di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa undang-undang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan studi kepustakaan dari bahan hukum yang berkaitan dengan penelitian serta data-data yang didapatkan dari pengamatan di lapangan dan wawancara .
Pada pembahasan dihasilkan 4 (empat) kesimpulan. Pertama, perlindungan pekerja disabilitas sudah berjalan namun belum optimal. Kedua, PT Pertamina Refinery Unit V Balikpapan belum memenuhi kewajiban untuk memperkerjakan pekerja disabilitas minimal 2% dari total seluruh pekerja yang dimiliki oleh perusahaan. Ketiga, PT Pertamina Refinery Unit V Balikpapan juga belum memberikan fasilitas ramah difabel kepada pekerja disabilitas. Kendala yang dihadapi PT Pertamina Refinery Unit V Balikpapan dalam memberikan perlindungan kepada pekerja disabilitas dikarenakan belum adanya aturan Pertamina Pusat dalam menerapkan undang-undang serta kurangnya pengawasan dari pemerintah dalam penerapan undang-undang serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai hak-hak penyandang disabilitas. 
Saran yang diberikan adalah dengan diperlukan adanya aturan internal perusahaan yang mengatur mengenai perlindungan HAM bagi disabilitas, adanya aturan pelaksana undang-undang serta adanya sosialisasi kepada masyarakat dan penyandang disabilitas mengenai hak-hak yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Kata kunci : Perlindungan, Hak, Pekerja, Disabilitas, PT. Pertamina 

×
Penulis Utama : Wahyuning Utami Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014416
Tahun : 2018
Judul : Perlindungan Ham bagi Tenaga Kerja Disabilitas pada PT Pertamina Refinery Unit V Balikpapan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0014416-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Madalina, S.H., M.Hum
2. Jadmiko Anom Husodo, S,H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.