Penulis Utama : Bella Sekar Ashari
NIM / NIP : R0214024
×

Abstrak

Latar Belakang: Radiasi gelombang elektromagnetik dapat terpancar dari layar komputer dan dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan dampak negatif seperti mata terasa lelah, mata terasa kering, sakit kepala, nyeri pada leher bagian belakang, penglihatan menjadi kabur, penglihatan ganda dan kesulitan untuk memfokuskan penglihatan. Keluhan tersebut dapat disebut sebagai Computer Visual Syndrome (CVS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama menggunakan komputer dan masa kerja dengan keluhan CVS pada pekerja pengguna komputer di PT. Angkasa Pura I, Surakarta.

Metode  :  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  observational analytic dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik purposive sampling.  Sampel  penelitian  sejumlah  50  responden  dari  total  74  pekerja pengguna komputer di PT. Angkasa Pura I, Surakarta. Pengukuran lama menggunakan  komputer  menggunakan  alat  stopwatch/jam,  pengukuran  masa kerja menggunakan alat kuesioner sedangkan keluhan CVS diukur menggunakan kuesioner kelelahan mata yaitu Computer Vision Syndrome Scale 17 (CVSS17). Teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi Gamma dengan program SPSS Versi 23.

Hasil : Hasil uji statistik korelasi Gamma menunjukan ada hubungan signifikan antara lama menggunakan komputer dengan keluhan CVS di ketahui nilai p=
0,000 dan r = 0,752 menunjukan arah korelasi searah dan hubungan yang kuat antara  kedua  variabel  dan  tidak  terdapat  hubungan  antara  masa kerja  dengan keluhan CVS di ketahui nilai p= 0,284.

Simpulan : Terdapat hubungan antara lama menggunakan komputer dengan keluhan CVS pada pekerja pengguna komputer PT. Angkasa Pura I, Surakarta dan tidak terdapat hubungan antara masa kerja dengan keluhan CVS pada pekerja pengguna komputer PT. Angkasa Pura I, Surakarta.

Kata Kunci : Lama Menggunakan Komputer, Masa Kerja, Keluhan Computer
Visual Syndrome, Pekerja Pengguna Komputer

×
Penulis Utama : Bella Sekar Ashari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214024
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Lama Menggunakan Komputer dan Masa Kerja dengan Keluhan CVS pada Pekerja Pengguna Komputer PT. Angkasa Pura I, Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Istar Yuliadi, dr., M.Si, FIAS
2. Ipop Sjarifah, Dra., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.