Penulis Utama : Muhammad Zahid Abdul Aziz
NIM / NIP : E0014247
×

ABSTRAK

Muhammad Zahid Abdul Aziz. E0014247. 2012. KAJIAN TERHADAP “KONTRAK” BEASISWA AFIRMASI LEMBAGA PENGELOLA DANA PENDIDIKAN (LPDP) BERDASARKAN HUKUM PERIKATAN. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keabsahan kontrak beasiswa afirmasi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berdasarkan hukum perikatan dan tahapan beasiswa afirmasi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berdasarkan asas-asas hukum kontrak.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam menyusun penulisan hukum (skripsi) ini adalah penelitian hukum doktrinal yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode pemikiran deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian, kontrak dalam tahapan beasiswa afirmasi merupakan sebuah perikatan yang telah memenuhi unsur-unsur perikatan. Berdasarkan syarat-syarat sahnya kontrak yang diatur dalam Pasal 1320 KUH Perdata, kontrak beasiswa afirmasi LPDP merupakan kontrak yang sah dan memenuhi persyaratan tersebut yaitu: adanya kesepakatan, kecakapan, suatu hal tertentu (objek kontrak) dan kausa yang halal. Tahapan beasiswa afirmasi yang menjadi landasan lahirnya kontrak mengandung asas-asas hukum kontrak. Asas-asas tersebut terjadi dalam tahapan beasiswa afirmasi. Asas kebebasan berkontrak belangsung dalam tahap procontractual, asas konsensualisme berlangsung dalam tahap contractual dan asas kekuatan mengikatnya kontrak berlangsung dalam tahap postcontractual.
Kata Kunci : Kontrak, beasiswa afirmasi LPDP, hukum perikatan.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Zahid Abdul Aziz
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014247
Tahun : 2018
Judul : Kajian terhadap “Kontrak” Beasiswa Afirmasi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berdasarkan Hukum Perikatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prodi Ilmu Hukum-E0014247-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ambar Budhisulistyawati, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.