Penulis Utama : Danang Adhi Kurniawan
NIM / NIP : R0015022
×

Latar Belakang : Kecelakaan kerja adalah tantangan awal bagi industri yang berpengaruh terhadap citra perusahaan. Menurut penelitian NCS menyebutkan penyebab kecelakaan adalah 88% unsafe action, 10% unsafe condition dan 2% sisanya tidak diketahui penyebabnya. Penerapan behavior based safety terbukti dapat mengubah perilaku pekerja menjadi safe dan mengurangi mencegah kecelakaan kerja
Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah seluruh pekerja PT. SMART Tbk Marunda dengan sampel sebanyak 30 orang. Adapun instrumen penelitian ini adalah kuesioner perilaku K3 yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas.
Hasil : PT. SMART Tbk menerapkan program behavior based safety dengan D’safe System berbasis hardcard dan aplikasi android khusus. Dalam penerapannya sudah efektif karena dapat dipahami oleh semua pekerja. Didapatkan hasil bahwa penerapan BBS di PT. SMART Tbk tahun 2016-2017  mengalami peningkatan perilaku safe. Juga melalui penyebaran kuesioner didapatkan hasil penilaian perilaku pekerja dalam kategori baik.
Simpulan : Penerapan Behavior Based Safety dengan metode D’Safe berpengaruh terhadap perilaku pekerja di PT. SMART Tbk Marunda menjadi berperilaku safe action sehingga diharapkan dapat mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

 

×
Penulis Utama : Danang Adhi Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015022
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penerapan Behavior Based Safety (BBS) D’safe System Berbasis Hardcard dan Aplikasi Android terhadap Perilaku Pekerja di PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Marunda
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.