Penulis Utama : Silvia Mahareta
NIM / NIP : D1615068
×

Penulis memilih tempat Kuliah Kerja Media (KKM) di Biro Kerjasama dan Relasi Publik Universitas Kristen Duta Wacana karena keingintahuan tentang bagaimana  proses  kerja  praktisi  Public  Raltions  (PR)  atau  sering  dikenal sebagai humas dalam menjalankan tugas dan fungsinya di sebuah lembaga pendidikan tinggi seperti universitas, terlebih lembaga pendidikan swasta.
Peran Humas menjaga komunikasi dengan publik internal merupakan salah satu  tugas  seorang  praktisi  Humas.  Humas  membina  komunikasi  nternal dengan menggunakan media internal. Media internal adalah alat kerja Humas/Public Relations sebagai bentuk publikasi yang diterbitkan secara berkala dan ditujukan untuk publik internal/pihak pendukung dari suatu organisasi/perusahaan. Sebuah organisasi/perusahaan yang besar biasanya menggunakan media internal sebagai bentuk komunikasi antara publik internal. Adapun tujuan media internal diantaranya sebagai sarana penyampaian informasi/kegiatan/aktivitas perusahaan, sebagai bentuk komunikasi khusus antara karyawan, menanamkan semangat/budaya perusahaan, mendorong transparansi dan komunikasi internal. Media internal yang dibuat Humas UKDW adalah Koran Kampus “Berkomunikasi Dengan Hati Mencipta Harmoni”, koran kampus ini digunakan sebagai keperluan publikasi atau sebagai sarana komunikasi yang ditujukan kepada kalangan terbatas (dosen/staf/unit/prodi/relasi/mahasiswa). Tak hanya itu, Koran kampus UKDW menjadi nilai tambah divisi Humas UKDW untuk menunjukan segi kemampuannya dalam penerbitan media internal khusus secara berkala/teratur.
Penulis melakukan liputan, wawancara serta membuat artikel/press release untuk Koran Kampus UKDW dan webiste UKDW. Tugas lain yang dilakukan penulis saat pelaksanaan magang  ialah monitoring  media cetak dan online, membuat kliping, checklist konten website, menjelaskan prosedur pemasangan poster kepada pihak eksternal dan internal, mengurus pemasangan dan pelepasan poster, mengarsipkan surat masuk internal maupun eksternal, dan membantu Biro IV saat kegiatan event.
Peran Humas UKDW dalam mengelola pengadaan koran atau buletin kampus sebagai media komunikasi antar sivitas akademika dan seluruh staf UKDW sangat efektif dalam membina komunikasi. Penulis mengharapkan agar Biro IV lebih berinovasi dan kreatif dalam pembuatan berita sehingga publik internal tertarik untuk membaca Koran Kampus setiap bulannya.

 

×
Penulis Utama : Silvia Mahareta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615068
Tahun : 2018
Judul : Peran Humas Mengelola Media Internal dalam Penyebarluasan Informasi dan Kegiatan Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1615068-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy S, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.