Penulis Utama : Puguh Dwi Hananto
NIM / NIP : E0011248
×

ABSTRAK
Puguh Dwi Hananto. 2011. E0011248. TANGGUNG JAWAB PENGELOLA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) UTAMA KARYA CABANG SUKOHARJO SEBAGAI BADAN HUKUM BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 1992 TENTANG PERKOPERASIAN. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penyelenggaraan dan tanggung jawab pengelola koperasi dalam rangka memenuhi prinsip-prinsip koperasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, 02) kendala-kendala yang dihadapi oleh koperasi dalam penyelenggaraan dan tanggung jawab pengelola koperasi dan solusinya.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dan bersifat deskriptif. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data utama penelitian yang diperoleh langsung dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Utama Karya Cabang Sukoharjo. Data sekunder merupakan data penunjang data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi kepustakaan dan studi lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) pengurus koperasi telah melaksanakan tanggung jawab dalam penyelenggaraan koperasi sesuai dengan tugas dan kewenangannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, 2) Dalam penyelenggaraannya, koperasi memiliki kendala-kendala yang mengganggu perkembangan koperasi dan kinerja pengelola, seperti banyaknya kredit macet dari anggota koperasi. Sementara solusi dari banyaknya kredit macet dari anggota koperasi dilakukan dengan cara asas kekeluargaan.
Kata Kunci : Koperasi,Pengelola Koperasi, Tanggung Jawab.

 

×
Penulis Utama : Puguh Dwi Hananto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011248
Tahun : 2018
Judul : Tanggung Jawab Pengelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Utama Karya Cabang Sukoharjo sebagai Badan Hukum berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Progdi. Ilmu Hukum-E0011248-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuwityastuti, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.