Penulis Utama : Ditto Arief Marsetyanto
NIM / NIP : B3215016
×

ABSTRAK


Laporan Tugas akhir ini mengkaji tentang hasil penelitian Strategi Pengembangan Kampung Dolanan Sidowayah Klaten Sebagai Wisata Edukasi. Penulisan laporan ini bertujuan untuk mengetahui profil dari Kampung Dolanan Sidowayah, potensi yang dimiliki, strategi pengembangan untuk menjadi wisata edukasi, kendala-kendala serta solusi yang dihadapi pengelola Kampung Dolanan Sidowayah.
Penulisan  laporan  ini  disajikan  untuk  memperoleh  gambaran  informasi yang berhubungan dengan kajian tentang strategi pengembangan Kampung Dolanan Sidowayah Kabupaten Klaten dan kendala yang di hadapi dalam upaya pengembangan Kampung Dolanan Sidowayah. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, studi dokumen, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Metode analisis yang dipakai adalah analisis 4A dan SWOT untuk mencari daya tarik yang dimiliki Kampung Dolanan Sidowayah menjadi suatu daerah tujuan wisata edukasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kampung Dolanan Sidowayah memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan salah satu tujuan obyek wisata edukasi di Kabupaten Klaten. Kawasan Kampung Dolanan Sidowayah memiliki
potensi dan daya tarik wisata, akan tetapi potensi tersebut belum sepenuhnya dikembangkan oleh pihak pengelola. Usaha yang dilakukan oleh pihak pengelola dalam mengembangkan Kampung Dolanan Sidowayah ditekankan pada pengembangan fisik kawasan wisata serta penambahan sarana dan prasarana. Dalam upaya pengembangan Kampung Dolanan Sidowayah pihak pengelola menemui beberapa kendala diantaranya : keterbatasan Sumber Daya Manusia, keterbatasan sarana dan prasarana, faktor aksebilitas yang kurang memadai, kurangnya promosi dan pemasaran Kampung Dolanan Sidowayah.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah rencana pengembangan Kampung Dolanan Sidowayah berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah wisata edukasi, dan untuk menjadi wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi perlu
adanya penambahan atraksi wisata di Kampung Dolanan Sidowayah.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Wisata Edukasi, Kampung Dolanan
Sidowayah

×
Penulis Utama : Ditto Arief Marsetyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215016
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pengembangan Kampung Dolanan Sidowayah Klaten sebagai Destinasi Wisata Edukasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog.Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata- B3215016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S.,M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.