Penulis Utama : Teti Setyowati
NIM / NIP : D1615073
×

ABSTRAK

Humas dalam pemerintahan memiliki peran penting dalam menjembatani komunikasi dengan publiknya karena pada dasarnya Humas pemerintah lebih menekankan pada pelayanan umum. Polresta Surakarta merupakan salah satu instansi pemerintah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat yang memberikan pelayanan serta sebagai penegak hukum dalam kehidupan bermasyarakat. Kepolisian harus membangun kepercayaan untuk memperoleh citra atau image yang baik dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik dan menjalin komunikasi yang efektif. Sub bag Humas dalam Polresta Surakarta merupakan salah satu bagian penting dalam menginformasikan suatu berita terkini terkait dengan instansi. Humas memiliki berbagai macam tugas yang harus dilaksanakan mulai dari kliping koran, agenda surat, meliput dan mendokumentasikan kegiatan, mengunggah berita atau informasi, menulis laporan bulanan dan lain sebagainya.
Menurut Drs. E. Martono mengatakan bahwa asal kata dokumen tersebut dari bahasa Belanda Document, dan sama dengan pengucapan dalam bahasa Inggris, sedangkan bahasa Latin ditulis yaitu Documentum. Pada dasarnya dokumen tertulis atau tercetak, dan dapat digunakan sebagai suatu bukti sebagai keterangan tertulis. Bentuk dokumen dapat berupa surat, akta penting, piagam penghargaan dan rekaman foto atau elektronik dan lain sebagainya. Dokumen yang memiliki nilai hukum terkuat adalah dokumen asli dan sah, dan dapat disimpan dalam jangka tertentu serta dilindungi hukum. Dokumen berguna untuk sumber keterangan, penyelidikan ilmiah, alat bantu bukti keabsahan mengenai suatu keterangan tertentu.
Dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan Polresta Surakarta baik yang dilaksanakan di kantor maupun di luar kantor Humas bertugas untuk mendokumentasikan kegiatan dari awal hingga akhir. Humas dituntut untuk selalu sigap dalam mengambil momen penting karena kegiatan tidak dapat diulang. Hasil dari dokumentasi berupa foto dan video kemudian diolah melalui proses editing yang kemudian disimpan sebagai arsip yang berguna sebagai bukti bahwa telah terlaksananya kegiatan dan dapat digunakan sewaktu-waktu untuk keperluan lain bila dibutuhkan misalnya untuk selayang pandang. Selain itu, hasil dokumentasi dipublikasikan melalui media informasi seperti website polrestasurakarta.com, Instagram (polresta surakarta), Twitter (@humasrestaska), Facebook (polresta surakarta), dan Path (polresta surakarta).
 
Kata Kunci : humas, dokunmentasi

×
Penulis Utama : Teti Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615073
Tahun : 2018
Judul : Aktivitas Humas dalam Mendokumentasikan Kegiatan di Polresta Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS- FISIP Prog. Studi Komunikasi Terapan-D1615072-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Henricus Hans Setyawan Prabowo, M.I.Kom,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.