Penulis Utama : Lolitha Nuning Ayusari Sipayung
NIM / NIP : H0414025
×

Abstrak

Air irigasi merupakan salah satu faktor penting dalam usahatani terutama dalam proses pertumbuhan tanaman yang nantinya akan mempengaruhi produksi pertanian. Hal ini menjadi alasan tingginya kebutuhan petani akan air irigasi, namun tidak disertai dengan ketersediaannya. Ketersediaannya berarti berkaitan dengan volume air yang dapat berupa kekurangan air untuk mengairi lahan atau sebaliknya yaitu berlebihnya air yang mengairi lahan usahatani. Sebagian besar masalah tersebut dikarenakan kerusakan akan saluran air irigasi. Permasalahan air irigasi ini menyebabkan berkurangnya luas tanam, jenis serta jumlah produksi pertanian, oleh karena itu, pemerintah mulai melakukan pembenahan dan rehabilitasi infrastruktur irigasi. Namun pembangunan infrastruktur di bidang irigasi yang telah dilaksanakan tidak bertahan lama tanpa didukung oleh kegiatan pemeliharan  yang  berkesinambungan.  Hampir  semua  pembangunan  prasarana yang selesai dibangun ternyata mengalami kerusakan karena tidak terpelihara, sehingga manfaat yang diterima oleh masyarakat dengan adanya pembangunan prasarana tersebut tidak optimal dan belum berkelanjutan. Salah satu penyebab dari hal tersebut diantaranya adalah belum optimalnya kegiaan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi yang dilakukan karena kurangnya kesadaran dari petani anggota P3A untuk mau berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat partisipasi P3A dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi waduk cengklik sisi kiri pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil, menganalisis tingkat kemauan, kemampuan dan kesempatan P3A terhadap kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi waduk cengklik sisi kiri dan Menganalisis hubungan kemauan, kemampuan dan kesempatan dengan tingkat partisipasi P3A dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi waduk cengklik sisi kiri. Lokasi penelitian  ditentukan  secara  sengaja  (purposive)  dikarenakan  saluran  pada jaringan irigasi waduk  cengklik sisi kiri merupakan saluran irigasi terpanjang yang mencapai 17 km dan sedang mengalami permasalahan berupa kerusakan beberapa  saluran  irigasi  yang  menghubungkannya  dengan  petak  persawahan petani. Populasi penelitian ini yaitu petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di Derah Irigasi Cengklik Kiri yang terdiri dari Desa Kismoyoso,  Sobokerto,  Giriroto,  Potronayan,  Sembungan  dan  Jeron  sebanyak 1.133 petani. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan  jumlah sampel  54  orang  yang terdiri  dari  pengurus,  anggota aktif da anggota kurang aktif. Metode analisis data menggunakan mix method yang terdiri dari analisis data kuantitatif dengan korelasi rank spearman yang disertai dengan analisis  deskriptif  melaluo  metode  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa: (1) Syarat tumbuh partisipasi berupa kemauan, kemampuan dan kesempatam  mempengaruhi  secara signifikan  terhadap  tingkat  partisipasi  P3A dalam  kegiatan  Operasi  dan  Pemeliharaan  (O  dan  P)  jaringan  irigasi;  (2) Partisipasi P3A pada tahap perencanaan tergolong sedang, partisipasi pada tahap pelaksanaan tergolong sedang dan partisipasi pada tahap pemanfaatan hasil tergolong sedang, sementara untuk partisipasi secara keseluruhan juga tergolong sedang; (3) Syarat tumbuh partisipasi berupa kemauan (  ) tergolong baik, sedangkan  syarat  tumbuh  berupa  kemampuan  (    )  dan kesempatam  (     ) tergolong sedang.

×
Penulis Utama : Lolitha Nuning Ayusari Sipayung
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0414025
Tahun : 2018
Judul : Tingkat Partisipasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Terhadap Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan (OP) Jaringan Irigasi Waduk Cengklik Sisi Kiri di Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0414025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapja Anantanyu, S.P., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.