Penulis Utama : Dody Taffa Al-fian
NIM / NIP : B3215017
×

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Upaya Peningkatan Mutu Dalam Pengelolaan Armada PO Dewi Sri 4 Klaten sebagai Transportasi Wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan armada PO Dewi Sri 4, kendala yang dihadapi PO Dewi Sri 4 dalam menjalankan usaha transportasi wisata, dan solusi untuk mengatasinya.
Teknik pengumpulan data dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini dilakukan dengan cara observasi yaitu melakukan penelitian secara langsung di PO Dewi Sri 4 Klaten, wawancara langsung terhadap owner dan staff untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk penelitian, studi dokumen untuk mendapatkan data yang dibutuhkan melalui arsip yang dimiliki oleh PO Dewi Sri 4. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai proses pengelolaan armada PO Dewi Sri 4 yang dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku, terdiri dari standar armada, standar pelayanan, standar crew, standar peralatan perbengkelan, standar kendala dalam perjalanan. Menjelaskan proses pemesanan armada dan perkembangan konsumen. Penelitian ini juga membahas mengenai kendala yang dihadapi PO Dewi Sri 4 dalam melakukan pengelolaan armada dan solusi yang didapatkan. Beberapa kendala yang dihadapi PO Dewi Sri 4 dalam menjalankan kegiatan usaha jasa transportasi wisata antara lain ketersediaan spare part yang kurang tersedia, harga spare part tergolong tinggi, terdapat persaingan harga dengan perusahaan lainnya, kekurangan tenaga ahli dalam perawatan mesin, letak lokasi kantor PO Dewi Sri 4 kurang strategis, pelayanan reservasi armada belum 24 jam, dan promosi penawaran armada. Terdapat beberapa solusi antara lain, melakukan penambahan stok spare part guna menanggulangi kekurangan, melakukan musyawarah terhadap perusahan jasa transportasi wisata lainnya, menambah tenaga ahli dalam perawatan mesin, menambah petunjuk arah menuju lokasi kantor PO Dewi Sri 4, menambah durasi waktu pemesanan armada, dan menambah intensitas promosi serta media promosi.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu PO Dewi Sri 4 merupakan salah satu penyedia jasa transportasi wisata di Kabupaten Klaten. PO Dewi Sri 4 selalu melakukan pengelolaan terhadap armada yang digunakan. Pengelolaan ini dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur yang dimiliki PO Dewi Sri 4. Pengelolaan armada ini dilakukan agar pelayanan yang diberikan oleh PO Dewi Sri 4 selalu berjalan dengan aman dan lancar. Terdapat beberapa kendala dalam proses pengelolaan armada PO Dewi Sri 4 serta solusi menghadapi kendala tersebut.

×
Penulis Utama : Dody Taffa Al-fian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215017
Tahun : 2018
Judul : Upaya Peningkatan Mutu dalam Pengelolaan Armada PO Dewi Sri 4 Klaten Sebagai Transportasi Wisata
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3215017-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : LAMP UNPUBLISH
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.