Penulis Utama : Halus Bimbi Cahyanti
NIM / NIP : B3215024
×

Candi Borobudur merupakan salah satu kawasan yang diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia ( world heritage) yang dikelola oleh Balai Konservasi Borobudur dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Namun, bangunan yang semegah ini akan menjadi sebuah tontonan ketika dilapangan tidak ada yang menceritakan sejarah penemuan, riwayat pemugaran, nilai-nilai ke arsitekturan bangunan, bahkan hingga pemeliharaan Candi Borobudur. Disinilah peran pemandu wisata sangat penting keberadaannya bagi wisatawan sebagai sumber informasi yang  akurat. Mengingat Candi Borobudur yang memiliki dua pengelola yaitu Balai Konservasi Borobudur yang bergerak di bidang konservasi dan pelestarian Candi Borobudur  dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang bergerak di bidang pariwisata  Candi Borobudur, diharapkan komunikasi dapat terjalin dengan baik di kedua pengelola. Sehingga Balai Konservasi Borobudur dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko dapat berjalanan beriringan dalam pengelolaan Candi Borobudur


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisa data yang diperoleh dari observasi dengan praktik kerja lapangan yang di lakukan di Balai Konservasi Borobudur pada 01 Februari-30 April 2018, dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan metode observasi, studi dokumen, Studi Pustaka untuk mendapatkan data dari perpustakaan, dan Wawancara dengan pihak-pihak dari Balai Konservasi Borobudur.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemandu wisata di Balai Konservasi Borobudur berada di bawah bimbingan kapokja ( kelompok kerja ) yang masuk dalam salah satu struktur organisasi Balai Konservasi Borobudur. Pemandu wisata Balai Konservasi Borobudur memiliki beberapa upaya peningkatan kualitas pemandu wisata sehingga pemandu wisata Balai Konservasi Borobudur memiliki beberapa peran penting dalam pariwisata Candi Borobudur.


Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pemandu wisata Balai Konservasi Borobudur cukup baik, karena sudah melakukan beberapa upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pemandu wisata di Balai Konservasi Borobudur.

×
Penulis Utama : Halus Bimbi Cahyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215024
Tahun : 2018
Judul : Peran Pemandu Wisata di Balai Konservasi Borobudur
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3215024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suharyana, M.Pd.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.