Penulis Utama : Shekina Putri Wiradarma
NIM / NIP : R0214093
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Tekanan darah memiliki peran penting bagi sirkulasi tubuh manusia. Prevalensi hipertensi di Jawa Tengah sebesar 26,4%. Prevalensi hipertensi tersebut berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan dan pengukuran meningkat dengan bertambahnya usia. Obesitas merupakan kelebihan gizi yang menjadi salah satu faktor risiko tingginya tekanan darah. Faktor lainnya seperti stres berpengaruh terhadap tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dan stres kerja dengan tekanan darah pekerja bagian weaving PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. 
Metode: Metode yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross Sectional. Sampel berjumlah 69 orang. Pengukuran status gizi dengan mengukur rasio lingkar pinggang dan panggul menggunakan metline, pengukuran stres kerja dengan kuesioner HSE, dan pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter. 
Hasil: Hasil korelasi Somers’d menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan tekanan darah dengan p-value = 0.000 dan r = 0.324, stres kerja dengan tekanan darah dengan p-value = 0.000 dan r = 0.409. Hasil regresi logistik multinomial menunjukkan bahwa variabel stres kerja adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap tekanan darah kategori hipertensi stage 1 dengan pvalue 0.007 dan Exp(B) = 10,604. 
Simpulan: Variabel stres kerja adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap tekanan darah kategori hipertensi stage 1 dengan p-value 0.007. 
Kata Kunci: Status Gizi, Stres Kerja, Tekanan Darah

×
Penulis Utama : Shekina Putri Wiradarma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214093
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Status Gizi dan Stres Kerja dengan Tekanan Darah Pekerja Bagian Weaving Pt Iskandar Indah Printing Textile Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Program Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214093 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.KM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.