Penulis Utama : Rosa Kisworo
NIM / NIP : E0014362
×

Abstrak
Rosa Kisworo. 2018. E0014362. ANALISIS PEMBATALAN DAN AKIBAT HUKUM PERKAWINAN CAMPURAN DI INDONESIA BERDASARKAN KASUS PERNIKAHANJESSICA ISKANDAR DENGAN LUDWIG FRANS WILLIBALD DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA INTERNASIONAL. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penulisan ini mengkaji mengenai perkawinan yang dapat dibatalkan dan akibat hukum perkawinan campuran di Indonesia.Diatur dalam Undang-Undang  Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan danPeraturan Pemerintah Nomor  9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Pekawinan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan.
Penulisan ini termasuk penulisan hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum dalam penulisan ini, bahan hukum primer yaitu Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Pekawinan, Peraturan Pemerintah Nomor  9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan serta bahan hukum sekunder berupa buku-buku, kamus hukum dan jurnal hukum. Teknik pengumpulan bahan hukum melalui teknik studi kepustakaan.Teknik analisis dengan metode deduksi.
Hasil penulisan menemukan indikasi mengenai adanya beda kewarganegaraan, sehingga menjadi kajian Hukum Perdata Internasional dan permasalahan perkawinan campuran di Indonesia antara Jessica Iskandar dengan Ludwig Frans Willibald mengenai keabsahan akta perkawinan sehingga dapat di batalkan dan akibat hukum setelah pembatalan perkawinan.Sehingga ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan apabila ada seorang asing atau bukan warga warga negara Indonesia yang akan melakukan perkawinan campuran dengan seorang warga negara Indonesia.
Kata kunci: Perkawinan Campuran, Beda Kewarganegaraan, Akibat Hukum

 

×
Penulis Utama : Rosa Kisworo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014362
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pembatalan dan Akibat Hukum Perkawinan Campuran di Indonesia dalam Perspektif Hukum Perdata Internasional Indonesia (Kasus Kernikahan Jessica Iskandar dengan Ludwig Frans Willibald)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Progdi. Ilmu Hukum-E0014362-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dona Budi Kharisma, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.