Penulis Utama : R. Jangkung Surya Waspada
NIM / NIP : E0014323
×

ABSTRAK

R. Jangkung Surya Waspada, E0014323. 2018. KAJIAN YURIDIS PENGATURAN HAK ASUH ANAK SEBAGAI AKIBAT PERCERAIAN DARI  PERKAWINAN  CAMPURAN  DITINJAU  DARI  HUKUM PERDATA INTERNASIONAL. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hak asuh anak dalam
putusnya perkawinan karena perceraian yang dilakukan antara suami isteri dimana salah satu pihak adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan pihak yang lain adalah   Warga   Negara   Asing   (WNA)   atau   disebut   perkawinan   campuran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui problematika yang muncul dari pasangan perkawinan campuran di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara pada Hakim Pengadilan Negeri Sleman dan studi dokumen atau bahan pustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa pengaturan hak asuh anak dalam putusnya perkawinan campuran di Indonesia menggunakan hukum nasional Indonesia berdasarkan Hukum Perdata Internasional. Problematika yang muncul dalam perceraian campuran yaitu tempat diajukannya gugatan perceraian, perebutan hak asuh anak, dan kewarganegaraan anak tersebut. Hakim berpatokan pada kebutuhan anak yang diutamakan. Anak juga memperoleh kewarganegaraan ganda terbatas selama ia berumur dibawah 18 (delapan  belas)  tahun  atau  sebelum  menikah.  Anak  yang  telah  berumur  18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah mereka harus memilih salah satu kewarganegaraan dari orang tua mereka.

 

Kata kunci: Perkawinan, Perceraian, Internasional, Anak

 

 

×
Penulis Utama : R. Jangkung Surya Waspada
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014323
Tahun : 2018
Judul : Kajian Yuridis Pengaturan Hak Asuh Anak Sebagai Akibat Perceraian Dari Perkawinan Campuran Ditinjau Dari Hukum Perdata Internasional
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prodi Ilmu Hukum-E0014323-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dona Budi Kharisma, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.