Penulis Utama : Johan Tabah Andriyanto
NIM / NIP : C0514027
×

Penelitian Sejarah Korps Wanita Angkatan Darat dalam perananya untuk pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini mempunyai tujuan: pertama, Untuk mengetahui latar belakang berdirinya Korps Wanita TNI Angkatan Darat, kedua, Untuk mengetahui kegiatan Korps Wanita TNI Angkatan Darat pada tahun 1960-1998, ketiga, Untuk Mengetahui peranan Korps Wanita TNI Angkatan Darat terhadap keamanan dan pertahanan pada tahun 1960-1998.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dengan tahap heuristik, yaitu pengumpulan data. Tahap selanjutnya kritik sumber, yakni untuk mendapatkan data yang sesuai, sumber perlu dibandingkan dan dikritik secara (ekstern dan intern). Selanjutnya interpretasi yakni tahap menganalisis data yang diperoleh sehingga akan memperoleh fakta-fakta yang terjadi dalam suatu peristiwa. Terakhir menuliskan laporan penelitian atau yang disebut dengan historiografi. Sumber primer yang digunakan antara lain sumber arsip dan dokumen. Adapun sumber sekunder antara lain buku, artikel, dan penelitian lainya yang setema.
Hasil penelitian ini menunjukan faktor yang mendorong dibentuknya Korps Wanita Angkatan Darat adalah hasil perjuangan kaum wanita, perjuangan emansipasi wanita maupun pengalaman dalam perjuangan fisik. Korps Wanita Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat yang merupakan organisasi prajurit wanita di dalam tubuh TNI-AD lahir dan terbentuk dengan restu kaum wanita Indonesia, selain karena kebutuhan akan tenaga berstatus Militer untuk mengisi bidang pekerjaan atau penugasan tertentu yang akan lebih efisien apabila dikerjakan oleh kaum wanita.
Didalam peranannya untuk pertahanan dan keamanan negara, Kowad berperan penting dalam bidang-bidang teknis militer guna untuk mengisi bidang pekerjaan atau penugasan tertentu yang akan lebih efisien apabila dikerjakan oleh kaum wanita.

×
Penulis Utama : Johan Tabah Andriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0514027
Tahun : 2018
Judul : Peranan Korps Wanita TNI AD dalam Pertahanan dan Keamanan Negara pada Tahun 1960-1998
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0514027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : LAMP UNPUBLISH
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.