Penulis Utama : Nurul Hidayanti
NIM / NIP : D1415026
×

Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan salah satu program mata kuliah yang wajib dijalankan guna mendapat gelar Ahli Madya di jurusan Penyiaran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media merupakan penerapan teori-teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dan diterapkan dengan praktek kerja nyata ketika pelaksanaan Kuliah KerjaMedia.
Media penyiaran di Indonesia menjadi salah satu aspek yang yang sangat penting bagi masyarakat. Seperti televisi. Melalui televisi masyarakat dengan mudah  mendapatkan  informasi  terkini  dengan  adanya  penayangan  berita,  dan berita menjadi hal yang penting sebagai kebutuhan masyarakat sekarang.
PT. Media Televisi Lestari Satu (MetroTV Jawa Timur) merupakan salah satu stasiun televisi lokal yang kualitas gambar   dan jangkauan siarannya tidak kalah dengan televisi lokal yang sudah ada sebelumnya. Stasiun televisi lokal ini menyiarkan khusus program berita di daerah jawa timur, sehingga program yang disiarkan sangat berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Berbagai program berita yang ada dikemas secara variative namun tetap informatif agar penonton tidak mengalami kejenuhan dengan sajian beritannya.
Untuk  itulah  penulis  memutuskan  untuk  melaksanakan  Kuliah  Kerja Media (KKM) di stasiun televisi lokal Metro TV Jawa Timur. Terhitung 2 bulan yaitu pada tanggal 19 Februari 2018 sampai 19 April 2018. Pada kesempatan kali ini penulis berkesempatan masuk di divisi Asisten produser yang lebih fokus dengan menyiapkan naskah berita sebelum produksi dimulai, dan juga mengoperatori teleprompter dan character generator saat produksi dimulai.
Kesimpulan menurut penulis yang ditempatkan pada divisi Asisten Produser merupakan pengalaman yang sangat berharga dan seorang Asisten Produser sendiri memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dalam membantu produser untuk persiapan produksi acara berita baik live maupun taaping. Selain itu, untuk melatih dan pengayaan wawasan dunia kerja serta ketrampilan mahasiswa melalui pengalaman kerja yang didapat dibangku perkuliahan, kemudian diterapkan dalam dunia kerja sebagai salah satu Asisten Produser di Metro TV Jawa Timur.

 

×
Penulis Utama : Nurul Hidayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1415026
Tahun : 2018
Judul : Tugas Assisten Produser dalam Menyiapkan Naskah Berita & Pengelolaan Teks Character Generator di Metro TV Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1415026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan, S.Sos, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.