Penulis Utama : Nuri Latifa Agustami
NIM / NIP : B3215036
×

Penulisan Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang upaya dalam meningkatkan wisatawan untuk berkunjung di Monumen Pers Nasional Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui koleksi di Monumen Pers Nasional Surakarta, strategi pemasaran serta kendala dan solusi yang dilakukan oleh pihak Monumen Pers Nasional Surakarta.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskripstif yang bertujuan untuk memperoleh data dengan cara pengamatan langsung ke Monumen Pers Nasional, wawancara dengan staff dan juga pengunjung Monumen Pers Nasional, dan studi pustaka berupa buku dari perpustakaan UNS serta Monumen Pers Nasional dan juga booklet di Monumen Pers Nasional. Data yang diperoleh kemudian dianalisi dan disajikan dalam bentuk laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Monumen Pers Nasional dalam menarik pengunjung datang yaitu (1) dengan mengikuti dan juga mengadakan beberapa pameran di Monumen Pers Nasional maupun di luar, (2) melakukan promosi melalui media sosial dan juga (3) dengan mouth to mouth dari wisatawan yang telah berkunjung ke Monumen Pers Nasional. Selain itu, penelitian ini juga membahas mengenai kendala yang dihadapi dalam menarik pengunjung untuk berkunjung yaitu dalam meningkatkan minat terutama para anak muda masa kini yang lebih memilih pergi ke tempat pusat perbelanjaan, bioskop, maupun cafe. Solusi yang dilakukan oleh pihak Monumen Pers Nasional yaitu dengan mengadakan pameran terkait sejarah perkembangan pers di Indonesia yang dapat menarik minat pengunjung.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa Monumen Pers Nasional (1) memiliki berbagai koleksi benda pers dari pejuang pers di Indoneisa yang merupakan salah satu potensi yang ada di Monumen Pers Nasional dan juga (2) adanya fasilitas pendukung untuk melengkapi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung saat berwisata seperti perpustakaan yang terbuka untuk masyarakat umum dan Monumen Pers Nasional terletak di pusat Kota Surakarta.

×
Penulis Utama : Nuri Latifa Agustami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215036
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pemasaran Pariwisata Sebagai Upaya Peningkatan Jumlah Pengunjung di Monumen Pers Nasional Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3215036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusana Sasanti Dadtun S.S., M.Hum.
2. Adesty Lasally. S.S., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.