Penulis Utama : Teza Ramananda Febriana
NIM / NIP : D1415035
×

Di era modern ini, masyarakat memilih teknologi modern karena dapat memperoleh informasi dengan cepat. Oleh sebab itu, masyarakat sudah mulai meninggalkan surat kabar dan beralih ke portal berita untuk mendapatkan informasi berita baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Semakin berkembangnya  portal  berita  di  Indonesia,  terbukti  dengan  banyaknya  portal berita yang terdapat di Internet, seperti iNews.id.
Untuk itu, penulis memilih melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) di portal berita iNews.id yang bergabung dengan MNC Group di bagian divisi Video Editor tetapi penulis mendapatkan pekerjaan menjadi Script Writer. iNews.id adalah news portal berjaringan yang terdiri atas portal berita nasional dan portal daerah. Mengingat begitu pentingnya berita di dalam dunia jurnalistik, dapat disimpulkan bahwa berita adalah segala laporan mengenai peristiwa, kejadian, gagasan,  fakta  yang  menarik  perhatian  dan  penting  untuk  disampaikan  atau dimuat dalam media massa agar diketahui atau menjadi kesadaran umum. Penulis memiliki tugas menulis dan menyunting berita sehingga dapat dengan gampang dibaca oleh pembaca di portal berita.
Peran penulis naskah berita dalam sebuah portal berita sangatlah penting. Ditangan Script Writer berita naskah itu diolah, disusun dengan baik dengan kata- kata yang terpilih sehingga memudahkan pembaca dalam membaca naskah tersebut. Seorang Script Writer berita di portal berita haruslah menulis dengan lugas,   ringkas,   jelas   dan   sesuai   kaidah   penulisan   supaya   pembaca   dapat memahami dan mengerti maksud tujuan dalam berita yang di tulis penulis naskah.
Pelaksanaan penulis dalam KKM sebagai Video Editor mengambil job desk Script Writer dapat berjalan dengan baik. Banyak yang dipelajari dan mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat. Di iNews.id memiliki rasa  menghargai  yang  tinggi,  mereka  tidak  membeda-bedakan  antara  peserta KKM dengan karyawannya. Selain itu, dalam pekerjaan mereka sangat ramah dalam membantu peserta KKM untuk dapat cepat memahami kinerja Video Editor di iNews.id.

 

×
Penulis Utama : Teza Ramananda Febriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1415035
Tahun : 2018
Judul : Peran Script Writer Content Multimedia Program iNews Pagi di iNews.id
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1415035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring Tyas Wiji A. S.Sos, M.I.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.