Penulis Utama : Shidiq Arif Siwiantoko
NIM / NIP : M3115128
×

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah menyasar keseluruh bidang kehidupan manusia. Hal tersebut karena teknologi sangat penting dan membantu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu pada bidang kesehatan khususnya dalam manajemen sebuah klinik. Seperti kegiatan pendaftaran untuk pemeriksaan pasien, rekam medis, pengambilan nomor antrian dan kegiatan lainnya. Untuk kebanyakan klinik kegiatan tersebut masih dilakukan secara manual yaitu sebagai contoh pendaftaran pasien masih menggunakan cara manual. Kemudian untuk pendaftaran pemeriksaan juga harus datang terlebih dahulu dan antri untuk mendapatkan nomor urut pemeriksaan. Untuk nomor urut antrian masih banyak yang menggunakan cara manual yaitu dengan memanggil secara manual oleh petugas. Selanjutnya pada medical record juga masih menggunakan cara manual yaitu dengan menulis pada kertas atau buku rekam medis sehingga tidak efektif dan efisien. Melihat hal tersebut solusi yang dapat diberikan yaitu dengan dibuatnya aplikasi E-Klinik yang akan memudahkan dalam memanajemen sebuah klinik.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Langkah-langkah dari metode ini yaitu pengumpulan data, membuat analisa kebutuhan sistem, desain database, testing, dan implementasi. Aplikasi E-Klinik ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework yii serta menggunakan MySQL sebagai basis datanya.
Aplikasi  E-Klinik  ini  dapat  digunakan  untuk  memanajemen  data  pasien,
memanajemen data dokter, memanajemen data pembayaran, memanajemen daftar periksa, memanajemen data obat, serta untuk memudahkan memanajemen nomor antrian.

×
Penulis Utama : Shidiq Arif Siwiantoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115128
Tahun : 2018
Judul : Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Web dengan Menggunakan Framework YII2 Pada Sistem E-Klinik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.MIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3115128-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudha Yudhanto, S. Kom., M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.