Penulis Utama : Teguh Tri Saputro
NIM / NIP : B3215051
×

Tugas akhir ini mengkaji tentang Strategi Promosi Pasar Gedhe Sebagai Upaya Peningkatan Pariwisata di Surakarta melalui Pusat Jajan Pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang ada di Pasar Gedhe serta strategi promosi Pasar Gedhe sebagai upaya peningkatan pariwisata di Surakarta melalui pusat jajan pasar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara yang dilakukan langsung di Pasar Gedhe dan Dinas Perdagangan Kota Surakarta. Studi dokumen dan studi pustaka dengan cara mengumpulkan buku-buku dan data yang berkaitan dengan tema penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Pasar Gedhe memiliki potensi yang kuat dalam hal sejarah dan arsitektur. Kondisi Pasar Gedhe sudah baik dan layak untuk dijadikan kunjungan pariwisata di Solo. Pasar Gedhe sudah tertata cukup rapi. Strategi promosi yang dilakukan Pasar Gedhe sudah cukup maksimal untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata di Solo, diantaranya melakukan event tahunan (Grebeg Sudiro dan Imlek Festival), kerjasama dengan Dinas Pariwisata Solo dan memasukkan Pasar Gedhe sebagai tujuan wisata Solo City Tour.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan di Pasar  Gedhe  yaitu  dengan  cara  mengadakan  pameran,  Pasar  Gedhe  memiliki ruang pameran tersendiri untuk diisi dari instansi/organisasi yang ingin mengadakan pameran disana. Pasar Gedhe yang bergaya Eropa memberi kesan menyenangkan. Pasar Gedhe akan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, namun akan tetap mempertahankan ciri khas dari pasar itu sendiri. Inovasi yang ada di Pasar Gedhe, diantaranya dengan pembayaran retribusi non tunai. Trend  destinasi  saat  ini  yaitu  dengan  menonjolkan  kearifan  lokal  dari  suatu daerah. Di Pasar Gedhe yang kental akan budaya sering menggelar berbagai acara seperti   kumandang   pasar,   ngalap   berkah   dan   adanya   kerjasama   dengan budayawan Solo. Dalam segi modern, Pasar Gedhe mengikuti acara Solo Great Sale yang berlangsung selama bulan Februari. Dari sisi akulturasi, Pasar Gedhe juga pernah mengadakan Wayang Cina, hal itu tentu menjadi sarana promosi disamping media massa dan media elektronik.

×
Penulis Utama : Teguh Tri Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215051
Tahun : 2018
Judul : Strategi Promosi Pasar Gedhe Sebagai Upaya Peningkatan Pariwisata di Surakarta Melalui Pusat Jajanan Pasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3215051-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : LAMP UNPUBLISH
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.