Penulis Utama : Herlambang Satrio Hutomo
NIM / NIP : D0311035
×

Komunitas   merupakan   suatu   kelompok   yang  di   dalamnya  setiap   anggota disatukan oleh persaman visi dan misi serta tujuan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui representasi identitas sosial budaya, 2) Mengetahui representasi solidaritas   sosial,   3)   Mengetahui   dimensi   internal   dan   eksternal   yang menyebabkan representasi soidaritas sosial. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel atau purposive sample dengan mengambil subjek bukan didasarkan atas strata. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari informasi yang diperoleh langsung dari informan terkait fokus penelitian. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat enam teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara, rekaman arsip, observasi langsung, observasi partisipan dan perangkat fisik. Pengujian keabsahan data yang terkumpul menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data model interaktif melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Representasi identitas sosial budaya komunitas Indonesia Sneaker Team (IST) adalah bentuk kecintaan anggota komunitas Indonesia Sneaker Team (IST) Surakarta dengan selalu berupaya untuk membeli   barang   khsusunya   sepatu   dengan   merk   original,   2)   representasi solidaritas sosial komunitas Indonesia Sneaker Team (IST) adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat luas akan pentingnya menghormati dan menghargai  hak  paten  suatu  produk  dan  membeli  produk  yang  original,  3) Dimensi internal dan eksternal yang menyebabkan representasi identitas sosial budaya pada anggota Indonesia Sneaker Team (IST) bahwa secara intern kepemilikan sepatu pada masing-masing anggota menentukan tingkat dan status sosial pada pemiliknya.

 

×
Penulis Utama : Herlambang Satrio Hutomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0311035
Tahun : 2018
Judul : Representasi Solidaritas Sosial Komunitas Indonesia Sneaker Team (Studi Fenomenologi pada Komunitas Sneaker di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS- FISIP-Prodi Sosiologi-D 0311035 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.