Penulis Utama : Aprilia Novita Sari
NIM / NIP : G0113015
×

ABSTRAK

Individu dalam masyarakat beragam dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti di Surakarta dihadapkan pada tantangan yang kompleks. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk menguasai banyak kemampuan untuk menjadi individu yang adaptif. Orang tua sebagai agen sosialisasi yang utama memiliki peran penting dalam membantu anak menjadi individu yang adaptif melalui sosialisasi. Arah sosialisasi orang tua ditentukan oleh tujuan sosialisasi orang tua yang berisis harapan orang tua mengenai karakteristik atau kualitas penting yang dipertimbangkan untuk anak miliki di masa depan. Tujuan sosialisasi orang tua dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya budaya termasuk budaya Tionghoa dan Jawa yang ada di Surakarta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan sosialisasi orang tua etnis Tionghoa dan etnis Jawa di Surakarta, serta persamaan maupun perbedaan tujuan sosialisasi keduanya.  
Subjek penelitian diperoleh dengan menggunakan purposive sampling dengan variasi maksimal. Subjek penelitian berjumlah 104 orang tua di Surakarta dengan rincian 21 orang tua etnis Tionghoa dan 83 orang tua etnis Jawa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner terbuka dan wawancara semi terstruktur.   
Hasil penelitian ini menemukan adanya persamaan dan perbedaan tujuan sosialisasi orang tua. Terdapat persamaan pada tujuan sosialisasi yang utama pada orang tua etnis Tionghoa dan etnis Jawa, yaitu kualitas personal dengan penekanan pada karakter personal. Terdapat perbedaan pada tujuan sosialisasi yang kedua, yaitu orang tua etnis Tionghoa menekankan kesuksesan, kemandirian ekonomi dan relasi sosial yang positif relatif seimbang, sedangkan orang tua etnis Jawa lebih menekankan relasi sosial yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, membangun karakter personal anak merupakan cara orang tua untuk membantu anak menghadapi tantangan pembauran budaya serta kemajuan teknologi yang terjadi di Surakarta. Penekanan kesuksesan dan kemandirian ekonomi yang tinggi pada orang tua etnis Tionghoa merupakan cara orng tua untuk bisa bertahan hidup sebagai etnis minoritas.   

Kata kunci: tujuan sosialisasi orang tua, etnis Tionghoa, etnis Jawa

 

×
Penulis Utama : Aprilia Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0113015
Tahun : 2018
Judul : Tujuan Sosialisasi pada Orangtua Etnis Tionghoa dan Etnis Jawa di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Psikologi -G0113015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Psi., M.Si.
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.