Penulis Utama : Belinda Tri Ari Arva
NIM / NIP : K1211016
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta dengan menerapkan metode investigasi kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, triangulasi metode, dan riview informan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui  penerapan metode investigasi kelompok dapat meningkatkan motivasi  dan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Pembelajaran pada pratindakan bersifat teacher-centered (pembelajaran yang berpusat pada guru) sehingga motivasi siswa dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta rendah.Peningkatan terjadi pada siklus I. Motivasi siswa dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa meningkat walaupun belum optimal masih ada beberapa kekurangan baik dari faktor guru maupun siswa dan perlu diperbaiki dengan dilaksanakannya siklus II. Pelaksanaan siklus II menyebabkan kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I dapat teratasi faktor dari guru maupun faktor dari siswa sudah dapat teratasi. Berdasarkan hasil dari siklus II yang sudah mencapai batas ketercapaian maka penelitian berhenti pada siklus II dengan hasil bahwa metode investigasi kelompok meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 1 Surakarta.
Simpulan  penelitian ini yaitu: (1) penerapan metode investigasi kelompokmeningkatkan motivasi pada siswa kelas XI AP 1SMK Negeri 1 Surakarta, (2) penerapan metode investigasi kelompokmeningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1SMK Negeri1 Surakarta Dengan langkah-langkah konkret yang dilakukan yaitu: (1) siswa berkelompok secara hiterogen tiap kelompok 5 orang, (2) tiap kelompok mendapat tugas untuk membuat kerangka teks eksplanasi, (3) tiap kelompok mencari informasi mengenai tema teks eksplanasi yang sudah dipilih, (4) tiaap kelompok menyusun kerangka teks eksplanasi berdasarkan informasi yang sudah di dapatkan, (5) tiap kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kerangka teks eksplaansi, (6) kelompok lain memberikan saran terhadap kerangka teks eksplanasi yang dipresentasikan, (7) kerangka teks eksplanasi yang sudah dipresentasikan dikembangkan menjadi suatu teks eksplanasi secara utuh oleh tiap anggota kelompok, (8) karangan teks eksplanasi yang utuh menjadi suatu karya individu dari tiap siswa dan diberi penialain oleh guru.
Kata kunci: motivasi, kemampuan menulis teks eksplanasi, metode investigasi kelompok.

 

×
Penulis Utama : Belinda Tri Ari Arva
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211016
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasidengan Metode Investigasi Kelompok pada Siswa Kelas Xi Ap1 Smk Negeri 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1211016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati. M. Pd.,
2. Sri Hastuti S.S., M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.