Penulis Utama : Eriska Nur ‘aini
NIM / NIP : K8114022
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui metode Montessori pada anak kelompok B BA Aisyiyah Waru 02 Baki Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan dan dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun BA Aisyiyah Waru 02 Baki Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 23 anak. teknil pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara,  tes dan dokumentasi. Uji validitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk
utuh, mengenal pola ABCD-ABCD, dan melakukan kegiatan yang menunjukkan mampu mengenal benda dengan menghubungkan nama benda dengan tulisan sederhana melalui aktivitas menjodohkan.  
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada setiap siklus. Persentase ketuntasan pratindakan 26,10 % dengan 6 anak yang tuntas. Pada siklus I meningkat dengan presentase 44% atau 10 anak yang tuntas, dan tahap siklus II dengan presentase 91% atau 21 anak yang tuntas.berdasarkan uraian diatas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode Montessori dapat  meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B BA Aisyiyah Waru 02 Baki Sukoharjo Tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: kemampuan, geometri, metode Montessori.

 

×
Penulis Utama : Eriska Nur ‘aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114022
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Metode Montessori pada Anak Kelompok B Ba Aisyiyah Waru 02 Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pen. Anak Usia Dini-K8114022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.,
2. Ruli Hafidah, S.Pd, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.