Penulis Utama : Evita Rahmawati
NIM / NIP : F3115025
×

Abstrak

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai estimasi kerugian perusahaan akibat pelanggaran pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada CV Kayu Manis yang bergerak dalam bidang ekspor furniture. Kepada karyawan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan sehingga tidak terjadi kecelakaan kerja dan merugikan perusahaan.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah adalah studi kasus yaitu mengambil salah satu objek tertentu untuk diulas dan dianalisa secara mendalam dan memfokuskan pada satu titik masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi yaitu dengan pengamatan langsung dilapangan untuk mengetahui tentang pelaksanaan pemakaian alat pelindung diri dan wawancara langsung dengan staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan orang-orang yang berkaitan untuk mendapatkan informasi tentang aspek-aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang ada di CV Kayu Manis Yogyakarta terutama hal-hal yang berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
Hasil penelitian menunjukkan CV Kayu Manis sudah menerapan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Namun kenyataannya karyawan masih menunjukkan perilaku tidak aman, seperti mengabaikan alat pelindung diri. Kesalahan tersebut sehingga mengakibatkan kecelakaan kerja. Dampak lain dari kecelakaan kerja tersebut adalah kerugian waktu dan biaya-biaya yang timbul akan ditanggung oleh CV Kayu Manis. Estimasi Kerugian Perusahaan Akibat Pelanggaran Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di CV Kayu Manis selama 3 tahun sebesar Rp 20.474.000,00.

Kata Kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), CV Kayu Manis

 

×
Penulis Utama : Evita Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115025
Tahun : 2018
Judul : Estimasi Kerugian Perusahaan Akibat Pelanggaran Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi Kasus CV Kayu Manis Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. DIII Manajemen Perdagangan-F3115025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Rahman Hakim, SE.,M.Ec.Dev.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.