Penulis Utama : Moh. Miftahuddin
NIM / NIP : K4214029
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Unsur intrinsik pada kumpulan crikak Banjire Wis Surut karya J.F.X Hoery; (2) Sosiologi karya sastra yang terdapat pada kumpulan kumpulan crikak Banjire Wis Surut karya J.F.X Hoery; (3) Nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kumpulan crikak Banjire Wis Surut karya J.F.X Hoery, dan (4) Relevansinya terhadap materi ajar apresiasi sastra siswa SMA kelas X.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data pada penelitian ini berupa unsur intrinsik, sosiologi karya sastra, nilai pendidikan karakter, serta materi ajar apresiasi sastra di SMA kelas X, sedangkan sumber data pada penelitian ini diperoleh dari buku Kumpulan Crikak Banjire Wis Surut karya J.F.X. Hoery, wawancara dengan pengarang, ahli sastra, mahasiswa, guru bahasa Jawa, dan siswa-siswi SMA kelas X. Teknik pengumpulan data dan jenis analisisnya menggunakan teori Miles dan Huberman serta uji validitas data dengan menggunakan triangulasi teori. Di mana peneliti menganalisis dengan memadukan data analisis dengan data wawancara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kumpulan crita cekak Banjire Wis Surut karya J.F.X Hoery mengandung: (1) Unsur intrinsik berupa alur, setting, penokohan, dan tema yang saling terkait membentuk satu kesatuan struktur cerita sehingga menjadi suatu karya yang estetis dan berkualitas; (2) Sosiologi karya sastra yang menggambarkan masyarakat dengan segala permasalahan yang ada di dalamnya. Permasalahan tersebut dapat dijadikan sebagai pengalaman dalam hidup bermasyarakat; (3) Nilai pendidikan karakter religius, toleransi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, tanggung jawab, jujur, kerja keras, disiplin, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, dan cinta damai. Nilai karakter yang paling mendominasi dalam karya sastra tersebut adalah tentang tanggung jawab dan kerja keras; dan (4) Relevansi untuk diterapkan sebagai materi ajar pada pembelajaran apresiasi sastra untuk siswa-siswi SMA di kelas X.

Kata kunci: crikak, sosiologi sastra, nilai pendidikan karakter, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Moh. Miftahuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214029
Tahun : 2018
Judul : Analisis Sosiologi Karya Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Crita Cekak Banjire Wis Surut Karya J.F.X. Hoery serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra Siswa Sma Kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pen. Bahasa Jawa-K4214029-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.
2. Kenfitria Diah W., S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.