Penulis Utama : Nurfitriana Maulidiah
NIM / NIP : K1213049
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan dana menjelaskan; (1) tema-tema dalam kumpulan cerita rakyat Kalantika, (2)ciri kebudayaan dalam aktivitas tokoh pada kumpulan cerita rakyat Kalantika, (3) hasil budaya dalam kumpulan cerita rakyat Kalantika, (4) nilai-nilai pendidikan dalam kumpulan cerita rakyat Kalantika, (5) relevansi kumpulan cerita rakyat Kalantika dengan pembelajaran di SMP.  
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengapendekatan antropologi sastra. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan tringulasi sumber. Teknik analisis data dlam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.   
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tema kumpulan cerita rakyat Kalantika meliputi,  pandangan manusia dengan alam semesta, sistem pengetahuan, hubungan antar manusia, sistem religi, dan hidup manusia; (2) ciri kebudayaan dalam aktivitas tokoh kumpulan cerita rakyat Kalantika antara lain, aktivitas yang berhubungan dengan peralatan kehidupan manusia, aktivitas yang berhubungan dengan siste m mata pencaharian, dan aktivitas yang berhubungan dengan sistem pengetahuan, dan aktivitas yang berhubungan dengan sistem religi; (3) hasil budaya kumpulan cerita rakyat Kalantika yang dapat ditemukan adalah hasil budaya berbentuk mata pencaharian dan sistem ekonomi, serta hasil budaya berbentuk sistem pengetahuan; (4) nilai pendidikan yang ditemukan dalam kumpulan cerita rakyat Kalantika adalah nilai pendidikan moral, sosial, religi, dan budaya; (5) kumpulan cerita rakyat Kalantika dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMP kelas VII.

Kata Kunci : cerita rakyat, antropologi sastra, tema, aktivitas, hasil budaya , nilai
pendidikan karakter.

 

×
Penulis Utama : Nurfitriana Maulidiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213049
Tahun : 2
Judul : Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Cerita Rakyat Kalantika serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Smp Kelas Vii
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.,
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.