Penulis Utama : Rachmi Asthari
NIM / NIP : G0114079
×

ABSTRAK

Dunia kerja saat ini tengah dihadapkan pada tantangan dalam memanajemen serbuan tenaga kerja yang mayoritas merupakan generasi milenial. Generasi milenial diidentikkan dengan karakteristiknya yang suka berpindahpindah tempat kerja serta sikap kerja yang individualis serta kurang memedulikan sesama. Organizational commitment memainan peranan kunci bertahannya karyawan di organisasi serta Organizational Citizenship Behavior menggambarkan adanya sikap saling peduli atau saling membantu antar karyawan melebihi tanggungjawab pekerjaannya. Kedua hal tersebut dapat diwujudkan melalui adanya sikap followership. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara followership terhadap organizational commitment dan OCB pada karyawan generasi milenial di PT. Japfa Comfeed Indonesia Unit Sragen.  
Penelitian ini merupakan studi populasi dengan jumlah responden sebanyak 35 karyawan. Instrumen yag digunakan adalah skala organizational commitment (r= 0,910), skala OCB (r= 0,966), dan skala followership (r= 971). Hasil analisis korelasi kanonikal menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara followership dengan organizational commitment dan OCB dengan nilai korelasi sebesar 0,743. Antara followership dan organizational commitment terdapat hubungan yang sangat kuat (sebesar 0,767) dan hubungan antara followership dengan OCB juga sangat kuat (sebesar 0,972). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara followership dengan organizational commitment dan OCB pada karyawan generasi milenial di PT. Japfa Comfeed Indonesia Unit Sragen.

Kata kunci: Followership, Organizational Commitment, Organizational Ciitizenship Behavior

 

×
Penulis Utama : Rachmi Asthari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114079
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Followership dengan Organizational Commitment dan Organizational Citizenship Behavior pada Karyawan Generasi Milenial ii PT. Japfa Comfeed Indonesia Unit Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Psikologi -G0114079-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Munawir Yusuf, M. Psi
2. Pratista Arya Satwika, S. Psi., M. Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.