Penulis Utama : Rendy Langgeng Tri Yusniar
NIM / NIP : K1211055
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai  (1) aspek diksi; (2) aspek gaya bahasa; (3) aspek citraan; dan (4) relevansi sebagai bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP yang ada di dalam lirik lagu Sheila On 7 dalam album Menentukan Arah (2008).  
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumen dan narasumber. Sumber dokumen yang digunakan berasal dari lirik lagu Sheila On 7 dalam album Menentukan Arah yang rilis tahun 2008. Selanjutnya narasumber atau informan yakni guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VII. Sampel dokumen maupun narasumber diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, dokumentasi, catat, dan wawancara mendalam. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber data dan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis mengalir.  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lirik-lirik lagu Sheila On 7 album Menentukan Arah terdiri dari kalimat-kalimat yang dapat diteliti aspek-aspeknya melalui kajian stilistika. Peneliti menemukan unsur-unsur yang terkandung dalam lirik lagu ini dalam kajian stilistika, yang terdiri dari unsur diksi, gaya bahasa atau majas, citraan, dan relevansinya dengan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VII. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa lirik lagu Sheila On 7 dalam album Menentukan Arah dapat dijadikan bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP pada materi puisi.

Kata kunci: stilistika, lirik lagu, bahan ajar

 

×
Penulis Utama : Rendy Langgeng Tri Yusniar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211055
Tahun : 2018
Judul : Analisis Stilistika pada Lirik Lagu Sheila On 7 dalam Album Menentukan Arah serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar di Smp
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1211055-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yant Mujiyanto, M.Pd.
2. Sri Hastuti, S.S, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.