Penulis Utama : Reni Indra Pawestri
NIM / NIP : K4214041
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1)bentuk prinsip kesantunan berbahasa pada program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV; (2)bentuk penyimpangan penggunaan prinsip kesantunan berbahasa pada program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV; (3)relevansi prinsip kesantunan berbahasa pada program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV sebagai materi ajar kelas VIII semester 1 di sekolah menengah pertama.
      Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan atau naskah dari program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV yang mengandung kesantunan berbahasa. Sumber data penelitian ini diperoleh dari jajaran pegawai stasiun televisi TATV, seperti pembawa acara dan penulis naskah program berita TA Sandyakala. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik proposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, seperti analisis kandungan atau isi (Content Analys), wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan tahap persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian.
      Berdasarkan hasil analisis data dapat ditemukan bentuk prinsip kesantunan berbahasa pada program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV, bentuk penyimpangan penggunaan prinsip kesantunan berbahasa pada program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV, dan mengenai relevansi prinsip kesantunan berbahasa pada program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV sebagai materi ajar kelas VIII semester 1 di sekolah menengah pertama, dapat membuktikan bahwa naskah program berita TA Sandyakala stasiun televisi TATV dapat digunakan sebagai materi ajar pembelajaran menelaah teks berita siswa kelas VIII SMP.
Kata kunci: prinsip kesantunan, materi ajar, teks berita.

 

×
Penulis Utama : Reni Indra Pawestri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214041
Tahun : 2018
Judul : Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Program Berita Ta Sandyakala Stasiun Televisi TATV Serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4214041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum.,
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.