Penulis Utama : Taurisma Ayu Anindita
NIM / NIP : I8715027
×

ABSTRAK
Di Indonesia percepatan pembangunan infrastuktur terus berkembang pesat. Perkembangan ini disertai dengan kebutuhan semen yang melonjak tinggi dan mendorong pemerintah untuk mengeksploitasi kawasan kars untuk dijadikan pabrik semen, dimana notabene akan mempersempit lahan dan merusak lingkungan. Beberapa tindakan harus dilakukan untuk meminimalisir penggunaan semen tersebut dengan menggunakan material ramah lingkungan. Salah satu material ramah lingkungan yang akan diteliti adalah bata Interlock yang terbuat dari tanah merah bakar. Bata Interlock adalah material penyusun dinding yang mempunyai pengait pada sisi-sisinya untuk mengunci pergerakan akibat gaya tekan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketebalan dinding penahan batu bata Interlock  kemiringan 2:1 terhadap beban vertikal.  
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui pendekatan pengujian material  dan struktur di Laboratorium. Pengujian di lakukan dalam dua kelompok yaitu pengujian material di laboratorium bahan  yang mencakup massa jenis,massa jenis diisi tanah dan kuat geser antar sambungan bata Interlock. Pengujian kedua dilakukan di laboratorium struktur dengan pemodelan menggunakan box uji untuk mengetahui keruntuhan atau kegeseran terhadap pengaruh interaksi tekanan vertical dari tiap variasi ketebalan batu bata Interlock dengan varisai ketebalan batu bata Interlock. Untuk stabilitas adanya konstruksi dinding penahan. 
Berdasarkan uji laboratorium, diperoleh nilai massa jenis rata – rata 1.195,5 kg/m3,massa jenis rata- rata batu bata Interlock dengan lubang diisi tanah adalah 1.403.16 kg/m3,Nilai kuat geser antar sambungan batu bata Interlock diperoleh nilai rata- rata adalah 1,069 Kg/cm2. Hasil Pengujian pengaruh kuat tekan untuk dinding dengan ketebalan 1, 1½, 2, dan 2½ adalah 7,0, 12,6, 14,5, dan 17,3 ton/m2.  
Kata kunci : Bata Interlock, pemodelan box uji kemiringan 2:1, dinding penahan, material ramah lingkungan.

×
Penulis Utama : Taurisma Ayu Anindita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8715027
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Ketebalan Dinding Penahan Batu Bata Interlock Kemiringan 2 V:1 H Terhadap Interaksi Beban Vertikal
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Studi DIII Teknik Sipil-I8715027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Hari Wahyudi, M.Sc .
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.