Penulis Utama : Tabita Ciptarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414053
Tahun : 2018
Judul : Peran Room Attendant dalam Meningkatkan Pelayanan Housekeeping Department di Solo Paragon Hotel & Residences Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Usaha Perjalanan Wisata-C9414053-2018
Subyek : MENINGKATKAN PELAYANAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang meningkatkan pelayanan Room Attendant dalam Housekeeping Department di Solo Paragon Hotel & Residences Surakarta. Penelitian ini membahas mengenai peranan Room Attendant, membahas mengenai job description Room Attendant yang sesuai dengan standard operating procedure yang berlaku, serta membahas mengenai upaya yang dilakukan Housekeeping Department dalam meningkatkan pelayanan Room Attendant agar menjadi lebih baik lagi.  
Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran dari berbagai informasi yang berhubungan dengan meningkatkan pelayana Room Attendant di Solo Paragon Hotel & Residences Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, wawancara dan observasi, studi pustaka dan guest comment. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.  Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui peran seorang Room Attendant dalam menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan, dan kenyamanan kamar tamu dan area hotel agar tamu merasa nyaman untuk tinggal lebih lama di hotel tersebut. Menjelaskan mengenai gambaran pekerjaan sesuai dengan standard operating procedure yang sudah ditetapkan. Menjelaskan mengenai upaya dalam meningkatkan pelayananan Room Attendant dalam hal kecepatan dalam memenuhi permintaan tamu, kebersihan kamar, profesionalisme dalam bekerja.
Kesimpulan dari Laporan Tugas Akhir ini adalah menjadi seorang Room Attendant memegang tugas dan tanggungjawab yang besar didalam suatu operasional  suatu hotel karena pekerjaan yang dilakukan berhubungan langsung dengan tempat yang digunakan oleh tamu untuk tinggal beberapa lama ketika di hotel tersebut. Seorang Room Attendant dituntut untuk memiliki sikap profesionalisme disetiap pekerjaan yang dilakukannya sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh hotel. Meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan yang diberikan oleh Room Attendant agar memberikan kenyamanan yang lebih bagi tamu yang menginap dan berkeinginan untuk tinggal lebih lama lagi.

Kata Kunci : Peran, Room Attendant, Meningkatkan Pelayanan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sunyoto, S.E., M.TPar.
2. Wahyuningsih, S.E.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya