Penulis Utama : Zuhri Dirgantoro
NIM / NIP : S961408008
×

Abstrak

Latar Belakang. Sepsis merupakan masalah kesehatan di dalam masyarakat dengan penyebab berbagai macam infeksi. Sistem penilaian seperti Sequential Organ Failure Assessment (SOFA) tidak selalu tersedia untuk menilai kondisi pasien sepsis. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Red Cell Distribution Width (RDW), Neutrofil-limfosit rasio (NLR) dan Mean Platelet Volume (MPV) sebagai salah satu metode menjanjikan yang sederhana untuk mengevaluasi inflamasi sistemik pada pasien kritis.
Tujuan Penelitian. Membuktikan korelasi antara nilai RDW, NLR dan MPV
dengan skor SOFA pada pasien dengan sepsis.
Metode Penelitian. Penelitian dengan metode observasional analitik. Sampel penelitian  berjumlah  35  orang.  Pengujian  pengaruh  variabel  NLR,  RDW  dan MPV terhadap Skor SOFA dilakukan dengan alat analisis statistik korelasi sederhana, korelasi parsial dan korelasi berganda. Nilai p ≤ 0,05: bermakna. Analisis data dilakukan dengan memakai SPSS v.23.
Hasil Penelitian. Korelasi parsial antara variabel NLR dan variabel Skor SOFA sebesar ryx1.x2x3 = 0,513 dengan koefisien Beta = 0,523 (p < 0,05). Korelasi parsial antara variabel RDW dan variabel Skor SOFA sebesar ryx2.x1x3  = 0,391 dengan koefisien Beta = 0,396 (p < 0,05). Sedangkan korelasi parsial antara variabel MPV dan Skor SOFA didapatkan ryx3.x1x2  = 0,082 dengan koefisien Beta = 0,043 (p > 0,05).
Kesimpulan. Terdapat peningkatan nilai NLR dan RDW berbanding lurus dengan peningkatan skor SOFA pada pasien sepsis, sedangkan untuk korelasi peningkatan nilai MPV berbanding lurus dengan peningkatan skor SOFA pada pasien sepsis tidak terbukti.

Kata Kunci: Red Cell Distribution Width (RDW), Neutrofil-limfosit rasio (NLR)
dan Mean Platelet Volume (MPV), skor Sequential Organ Failure Assessment
(SOFA), Sepsis
 

 

×
Penulis Utama : Zuhri Dirgantoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961408008
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Red Cell Distribution Width (Rdw), Neutrofil-Limfosit Ratio (Nlr), Mean Platelet Volume (Mpv) dengan Skor Sequential Organ Failure Assessment (Sofa) Sebagai Prediktor Keparahan pada Pasien Sepsis di Rsud Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Dokter Spesialis I Penyakit Dalam - Zuhri Dirgantoro- S961408008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sumardi, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.