Penulis Utama : Wahyu Adi Wibowo
NIM / NIP : K4214052
×

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan analisis semiotika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tanda. Objek yang digunakan untuk penelitian ini adalah antologi geguritan Sundhel Bolong Njero Senthong karya dari Rini Tri Puspohardini. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) makna heuristik dan hermeneuitik yang terkandung dalam Antologi Geguritan Sundel Bolong Njero Senthong karya Rini Tri Puspohardini; 2) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Antologi Geguritan Sundel Bolong Njero Senthong; 3) relevansi Antologi Geguritan Sundel Bolong Njero Senthong karya Rini Tri Puspohardini dengan pengajaran bahasa Jawa SMA/SMK kelas XII.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan semiotika. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Tahap analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.                    Hasil penelitian ini adalah: (1) Temuan makna: a) heuristik, berupa keterangan preposisi, dasanama, penyimpangan kata, penyimpangan frasa; b) hermeneuitika, pada antologi geguritan Sundhel Bolong Njero Senthong yang berupa: penggantian arti (displacing of meaning), penyimpangan arti (distoring of meaning), dan penciptaan arti (creating of meaning); (2) Temuan nilai pendidikan karakter pada antologi geguritan Sundhel Bolong Njero Senthong, antara lain: religius, jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, demokratis, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung jawab; (3) Hasil analisis semiotika dan nilai pendidikan karakter pada antologi geguritan Sundhel Bolong Njero Senthong yang relevan untuk digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran sastra mengenai geguritan di SMA. Relevansi dalam pembelajaran sastra mengenai teks geguritan di SMA tersebut, mengacu pada Kurikulum dan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk SMA/SMALB/SMK/MA/MAK. Kompetensi Dasar (KD) 3.2. Menelaah teks geguritan, yaitu menelaah serta menceritakan isi dari geguritan.


Kata Kunci: Antologi geguritan Sundhel Bolong Njero Senthong, Semiotik Heuristik, Hermeneuitik, pendidikan karakter, Pembelajaran sastra di SMA.

 

×
Penulis Utama : Wahyu Adi Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214052
Tahun : 2018
Judul : Analisis Semiotika dan Nilai Pendidikan Karakter pada Antologi Geguritan Sundhel Bolong Njero Senthong Karya Rini Tri Puspohardini serta Relevansinya dengan Materi Ajar Sma/Smk Kelas Xii
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pen. Bahasa Jawa-K4214052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.