Penulis Utama : Wina Yunita
NIM / NIP : K1213079
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) unsur intrinsik yang terkandung dalam novel Rantau 1 Muara, (2) penokohan tokoh utama yang terkandung dalam novel Rantau 1 Muara karya Fuadi (3) aspek kepribadian tokoh utama berdasarkan teori kepribadian psikologi Freud (4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rantau 1 Muara karya Fuadi (5) relevansi kepribadian tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel Rantau 1 Muara karya Fuadi dengan pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan unsur intrinsik yang membangun meliputi: tema pendidikan, alur campuran, latar tempat di Bandung, Jakarta, Maninjau, Amerika, dan Ingrris, penokohan, sudut pandang menggunakan teknik akuan, dan amanat untuk konsisten dalam mengejar cita-cita. Tokoh dan penokohan tokoh utama dalam novel Rantau 1 Muara digambarkan melalui tiga dimensi, yaitu dimensi fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Kepribadian tokoh utama dalam novel, dianalisis menggunakan teori psikoanalisis Freud yang meliputi tiga struktur kepribadian Id, Ego, dan Superego. Id terbesar pada tokoh utama adalah keinginan untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri yang membuat Ego tokoh utama berupaya untuk mewujudkan keinginannya. Superego dari tokoh utama digambarkan ketika tokoh utama ingin menegakkan keadilan dan bermanfaat untuk bangsa dan negara dengan ilmu dan melalui pekerjaan tokoh utama sebagai wartawan. Novel Rantau 1 Muara juga mengandung nilai pendidikan kerja keras yang ditemukan pada tokoh utama, Alif dan Dinara. Novel Rantau 1 Muara relevan dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA kelas XII.


Kata Kunci: Psikologi Sastra, Kepribadian, Nilai Pendidikan, Kerja Keras, Novel  Rantau 1 Muara

 

×
Penulis Utama : Wina Yunita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213079
Tahun : 2018
Judul : Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Kerja Keras dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi serta Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213079-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.,
2. Drs. Edy Suryanto, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.