Penulis Utama : Ericha Rahmaning Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116026
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Ibu Hamil Tentang Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (Hpk) di Wilayah Kerja Puskesmas Sangkrah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Program Studi D.IV Bidan Pendidik-R1116026-2018
Subyek : PENDIDIKAN KESEHATAN, SIKAP IBU HAMIL, GERAKAN 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Latar Belakang: Pendidikan kesehatan efektif digunakan sebagai cara untuk mengubah perilaku orang atau masyarakat dari perilaku tidak sehat menjadi sehat, khususnya pada penerapan Gerakan 1000  Hari Pertama Kehidupan yang merupakan suatu gerakan percepatan perbaikan gizi yang menentukan kualitas kehidupan seseorang sejak dalam kandungan hingga berusia 2 tahun.. 
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap sikap ibu hamil tentang gerakan 1000 hari pertama kehidupan. 
Metode: Penelitian ini menggunakan desain experimental dengan pendekatan one-group pretest-posttest. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 113 ibu hamil. Tahap pertama dalam penelitian adalah memberikan pretest dilanjutkan  pemberian pendidikan kesehatan, setelah itu ibu hamil diberikan posttest. 
Hasil: Sebelum diberi pendidikan kesehatan sikap cukup baik sebanyak 61 responden (66,3%) dan yang memiliki sikap kurang baik sebanyak 5 responden (5,4%).  Setelah diberikan pendidikan kesehatan  sikap baik meningkat menjadi 83 responden (90,2%) dan sikap cukup menurun menjadi 9 responden (9,8%). Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS 18.0 dengan taraf signifikansi (α) 0,05, diperoleh nilai signifikansi (p) 0,000. 
Simpulan: Ada pengaruh yang signifikan pemberian Pendidikan Kesehatan terhadap Sikap Ibu Hamil tentang Gerakan 1000 hari Pertama Kehidupan. 
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Sikap ibu Hamil, Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Mulyani, S.Kep., Ns., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran