Penulis Utama : Mulky Belladina
NIM / NIP : D0413033
×

Peran Strategic Partnership antara Spanyol dengan Rusia sebagai salah satu sarana untuk meredakan konflik di Eropa pasca Crimea Crisis bahwa Spanyol menentang sanksi yang diberlakukan oleh Uni Eropa kepada Rusia merupakan tujuan utama dari penulisan ini. Spanyol dengan tegas menyatakan bahwa mereka akan tetap   menjalin kerjasama yang harmonis dengan Rusia. Hal tersebut dikarenakan banyaknya keuntungan yang diperoleh Spanyol dari membangun strategic partnership dengan Rusia dalam berbagai bidang.  Secara tegas Spanyol melalui Menteri Luar Negerinya,  Jose Manuel  Garcia-Margallo  menyatakan  bahwa diterapkannya sanksi kepada Rusia tidak memberikan dampak positif kepada siapapun. Spanyol menekankan bahwa semua negara harus menghormati The Minsk Agreement . Minks Agreement itu sendiri adalah sebuah protokol perjanjian yang mengatur mengenai gencatan senjata antara Ukraina dan militan Pro-Rusia di wilayah Donbass. Spanyol berpandangan bahwa Minsk Agreement adalah solusi terbaik dan paling efektif untuk melindungi rakyat dari kejahatan humaniter, sehingga seluruh negara harus menghormati perjanjian ini. Dari poin inilah Spanyol menyatakan bahwa usaha untuk menjatuhkan sanksi yang lebih luas kepada Rusia akan merujak perjanjian tersebut. Spanyol khawatir akan keselamatan rakyat di wilayah Donbass apabila perjanjian tersebut rusak dan konflik kembali meletus.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data  berupa studi  pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tahap dokumentasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan proses wawancara. Kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari analisis teori Decision Making Process, teori European Disintegration dan konsep  kepentingan  nasional.  Sebagai  hasil  dari  penelitian  ini, disimpulkan  bahwa  Spanyol  dengan  tegas  menyatakan  bahwa  mereka akan   tetap   menjalin   kerjasama   yang   harmonis   dengan   Rusia   yang dibingkai dalam kerangka kerja strategic partnership. Oleh karena keunikan itulah maka diperlukan sebuah penelitian untuk menguak apa saja keuntungan dan kerugian yang diperoleh Spanyol dari strategic partnership yang dibangun dengan Rusia di bidang ekonomi pasca terjadinya konflik referendum Crimea.

 

×
Penulis Utama : Mulky Belladina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0413033
Tahun : 2018
Judul : Strategic Partnership Spanyol-Rusia: Keuntungan Dan Kerugian Spanyol Di Bidang Ekonomi Dalam Membangun Strategic Partnership Dengan Rusia Pada Tahun 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Hubungan Internasional-D 0413033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Andrik Purwasito, DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.