Penulis Utama : Nila Irdayatun Naziha
NIM / NIP : D1415024
×

ABSTRAK

Perkembangan dunia pertelevisian berkembang pesat, Televisi menjadi tolok ukur dari segala informasi dan sajian yang diberikan. Tidak hanya televisi nasional, televisi lokal juga berlomba lomba menyajikan dan memberikan sajian informasi yang menarik. Salah satunya adalah NET. Biro Jawa Timur yang merupakan Biro dari televisi nasional NET.
NET. Biro Jawa Timur adalah televisi lokal yang menjangkau siaran wilayah Surabaya dan sekitarnya seperti malang, jember, dan madiun. Ada dua program di dalamnya, yaitu risalah hati dan juga NET. JAWA TIMUR. Program NET. JAWA TIMUR adalah program berita yang dilakukan secara Tapping dan disiarkan pada pukul 05.00 – 06.0o WIB untuk wilayah Surabaya dan 12.00 – 13.00 untuk wilayah selain Surabaya.  
Selama 3 bulan penulis melakukan Kuliah Kerja Media ( KKM ) yang merupakan program yang dijalankan sebagai syarat kelulusan dan pembuatan Tugas Akhir guna mendapatkan gelar Ahli Madya oleh Mahasiswa Diploma III Universitas Sebelas Maret Surakarta. Selama melaksanakan KKM penulis ditempatkan sebagai Operator Character Generic di program siaran berita NET. JAWA TIMUR. Selain itu penulis juga ditugaskan sebagai pengisi voice over dan juga sebagai seorang operator playlist .  
Seorang operator character generic bertugas untuk menampilkan teks berupa informasi, seperti nama presenter, nama narasumber dan juga informasi lainnya yang ditampilkan dalam sebuah animasi grafis. Dalam melaksanakan kuliah kerja media di NET. Biro Jawa Timur, penulis bertugas untuk membuat template character generic dari naskah yang telah disiapkan oleh produser, kemudian dari character generic yang sudah penulis siapkan tersebut, penulis menyusunnya dalam sebuah playlist yang nantinya digunakan untuk melakukan proses tapping.    
Seorang operator Character Generic mempunyai peran penting untuk menjaga akurasi dan memperkuat informasi dari sebuah tayangan. Penulis harus menjadi pribadi yang teliti dan dapat bekerja dengan cepat dan tepat untuk mengantisipasi kesalahan dalam penulisan yang akan berakibat fatal. Saran untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, semoga kedepan dapat meningkatkan mutu mata kuliah dan juga praktek agar dapat memudahkan mahasiswa di dunia kerja, dan untuk NET. Biro Jawa Timur, kedepan diharapkan dapat meningkatkan sistem kerja dalam proses siaran, dan juga sistem kerja untuk anak magang.

Kata Kunci : Televisi, operator character generic, NET. Biro Jawa Timur

×
Penulis Utama : Nila Irdayatun Naziha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1415024
Tahun : 2018
Judul : Peran Operator Character Generic dalam Proses Produksi dan Siaran Berita di NET. TV Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D1415024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto S. IP.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.