Penulis Utama : Eko Cahyo Nugroho
NIM / NIP : M3114061
×

ABSTRAK

Saat ini era UMKM semakin berkembang dan UMKM sudah mulai mengenalkan produk-produk UMKM yang ada di Kota Surakarta kepada masyarakat supaya lebih mengenal lebih dekat dengan produk – produk UMKM apa saja yang ada di  Kota Surakarta dan masyarakat dapat melakukan pemesanan produk-produk UMKM melalui sistem ini. Pengguna sistem ini antara lain supplier sebagai pemasok bahan baku untuk kebutuhan produsen, produsen sebagai pemroduksi bahan jadi dalam skala besar, distributor melakukan pendistribusian barang yang di peroleh dari produsen, retail / toko melakukan pemesanan barang melalui distributor dan konsumen sebagai pembeli barang melalui retail. Metode yang digunakan adalah manajemen rantai pasokan memiliki peran strategis untuk mengelola, mengukur dan  meningkatkan kinerja bisnis dengan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Sistem ini akan menghasilkan sistem yang dapat melakukan pemesanan produk UMKM di Kota Surakarta.  
Penulisan ini menggunakan metode observasi dengan mengumpulkan data UMKM di Kota Surakarta sebagai sumber referensi dalam pembuatan sistem ini. Data yang disajikan secara informatif yang disertai dengan deskriptif yang lengkap sehingga dapat dikembangkan dan diterapkan lebih lanjut.  
Kelebihan dari penggunaan sistem ini adalah sebagai media untuk mengenalkan masyarakat secara luas lebih mengenal produk UMKM yang berada di Kota Surakarta. Dan masyarakat bisa melakukan pemesanan produk UMKM di Kota Surakarta melalui sistem ini.

Kata Kunci : Sistem, Manajemen Rantai Pasokan, E-Market, Supplier, Produsen, Distibutor, Retailer, Konsumen

×
Penulis Utama : Eko Cahyo Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3114061
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Sistem Manajemen Rantai Pasokan (Scm) Produk UMKM Kota Surakarta Pada Modul E-Market
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M3114061-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Aziz, S.Kom., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.