Penulis Utama : Aditya Anggara
NIM / NIP : R0015002
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Overburden Removal merupakan kegiatan memindahkan material tanah dari area front loading ke area disposal yang mana aktivitas tersebut memiliki potensi bahaya yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bahaya yang ada, menilai dan mengetahui tingkat risiko, mengetahui cara untuk mengendalikan bahaya, menurunkan risiko serta mengetahui bentuk komunikasi dan tinjauan ulang pada kegiatan overburden removal di PT. Putra Perkasa Abadi job site PT. Alamjaya Bara Pratama sesuai dengan OHSAS 18001 klausul 3.4.1.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasi dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini memberikan gambaran mengenai potensi bahaya dan faktor bahaya secara jelas dalam Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko pada kegiatan overburden removal di PT. Putra Perkasa Abadi job site PT. Alamjaya Bara Pratama. Dengan analisis data disesuaikan standar perusahaan dan OHSAS 18001 klausul 3.4.1
Hasil : Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat potensi bahaya antara lain: debu, bising dan overspeeed. Penilaian risiko menggunakan perkalian kemungkinan dengan keparahan di dapatkan 24 risiko dapat diterima dan 54 tidak diterima, pengendalian risiko menggunakan rekayasa teknik, administrasi dan alat pelindung diri seperti: adanya simper, pengawasan dan pemakaian ear plug. Penilaian risiko ulang didapat 78 risiko dapat diterima. Komunikasi melalui safety talk, induksi, training sedangkan pemantauan melalui hazard report, inspeksi, safety patrol.
Simpulan : Langkah-langkah Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko (IBPR) pada kegiatan overburden removal  yang ada di perusahaan telah sesuai dengan OHSAS 18001:2007 klausul 4.3.1 dan standard operasional procedure (PPA-SOP-SHE-01-R0) PT. Putra Perkasa Abadi.
 
Kata kunci : Identifikasi Bahaya, Penilaian, Risiko

×
Penulis Utama : Aditya Anggara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015002
Tahun : 2018
Judul : Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko (IBPR) pada Kegiatan Overburden Removal PT. Putra Perkasa Abadi Job Site Alamjaya Bara Pratama, Jembayan Kalimantan Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Kedokteran Prog. Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos.. M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.