Penulis Utama : Aulia Rahmaniarsih
NIM / NIP : F3115012
×

Abstrak

Limbah dikategorikan menjadi beberapa jenis, salah satunya limbah kayu. Limbah kayu sering disalahartikan pula sebagai sampah dan dibuang di sembarang tempat. Padahal jika limbah kayu dibuang sembarangan, akan mencemari lingkungan dan memiliki proses pelapukan yang panjang. Sehingga limbah kayu sebaiknya digunakan kembali. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengelola limbah kayu dengan cara yang tepat. Pengelolaan dilakukan agar limbah kayu dapat dimanfaatkan dengan baik dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik fishbone, dimana masalah akan dianalisis dengan melalui sebuah sesi yang disebut brainstorming. Suatu masalah dengan berbagai sebab potensial akan diidentifikasi terlebih dahulu menggunakan fishbone diagram sebelum dilakukan analisis brainstorming.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan limbah kayu yang tidak tepat dapat mempengaruhi finansial perusahaan. Terbukti bahwa apabila limbah kayu dikelola dengan baik maka akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan, baik keuntungan secara langsung maupun tidak langsung.
Saran atas permasalahan yang timbul dalam penelitian ini berupa pendataan yang lebih terinci terkait limbah, serta menerapkan survey harga dan perusahaan atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Sehingga limbah kayu dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Keyword : limbah, kayu, pengelolaan, pencemaran lingkungan

 

×
Penulis Utama : Aulia Rahmaniarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115012
Tahun : 2018
Judul : Pengelolaan Limbah Kayu pada PT. Madei Manufacture and Design di Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. DIII Manajemen Perdagangan-F3115012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S. E, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.