Penulis Utama : Aruni Budifitriyani
NIM / NIP : E0014044
×

ABSTRAK

ARUNI BUDIFITRIYANI. E0014044. 2018. ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA CIMAHI DALAM PEMENUHAN HAK ASASI PENYANDANG DISABILITAS DI BIDANG PENDIDIKAN. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui argumentasi filosofis, sosiologis, dan yuridis dalam pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas di Indonesia, mengetahui kebijakan Pemerintah Kota Cimahi dalam melindungi hak pendidikan untuk penyandang, dan kendala yang dihadapi Pemerintah Kota Cimahi dalam pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas.
Penulisan Hukum ini menggunakan metode penulisan hukum normatif dengan sifat penelitian hukum deskriptif. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer berupa peraturan dasar, bahan hukum sekunder berupa hasil-hasil penelitian dan hasil karya dari kalangan hukum, dan bahan hukum tersier berupa kamus dan ensiklopedia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumen sedangkan teknik analisis data yang digunakan adala teknik analisis kualitatif yang disusun secara sistemaris dan dianalisis dengan deksriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa argumentasi filosofis pemenuhan hak pendidikan berdasarkan Pancasila, argumentasi sosiologis berdasarkan pada kenyataan sosial bahwa penyandang disabilitas rentan menjadi korban diskriminasi, dan argumentasi yuridis berasal dari UUD 1945. Di Kota Cimahi ada beberapa kebijakan yang dibuat untuk memenuhi hak pendidikan bagi kaum disabilitas diantaranya adalah diputuskannya beberapa kebijakan mengenai pendidikan inklusif dan dilaksanakannya Bimtek dan Diklat bagi guru-guru. Dalam pelaksanaanya, masih terdapat beberapa kendala yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor substansi hukum, faktor struktur hukum, dan faktor kultur hukum di Kota Cimahi.

Kata Kunci: Penyandang Disabilitas, Hak Pendidikan, Kebijakan Pemerintah Kota Cimahi

 

 

 

×
Penulis Utama : Aruni Budifitriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014044
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kebijakan Pemerintah Kota Cimahi Dalam Pemenuhan Hak Asasi Penyandang Disabilitas Di Bidang Pendidikan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prog. Ilmu Hukum-E0014044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Riwanto, S.H., S.Ag., M.Ag
2. Jadmiko Anom Husodo, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.